Perempat Final Piala Asia 2019: Juara Bertahan Angkat Koper, Qatar Torehkan Sejarah Baru

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 26 Januari 2019
Perempat Final Piala Asia 2019: Juara Bertahan Angkat Koper, Qatar Torehkan Sejarah Baru
Korsel kalah 0-1 dari Qatar (Foto: Laman Resmi Piala Asia)

BolaSkor.com - Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) telah melengkapi empat kontestan yang akan bertarung di semifinal Piala Asia 2019. Kejutan besar diciptakan kedua negara tersebut di fase delapan besar alias perempat final Piala Asia 2019.

Diawali dari Qatar. Tim besutan Felix Sanchez menyingkirkan salah satu favorit juara, Korea Selatan (Korsel), di Stadion ZSC, Jumat (25/1) malam WIB dengan skor 1-0. Gol semata wayang di laga itu diciptakan oleh Abdulaziz Hatem di menit 78.

Baca Juga:

Vietnam 0-1 Jepang, Tidak Ada Lagi Wakil Asia Tenggara di Piala Asia 2019

Piala Asia 2019: Piala AFF Jadi Penyebab Vietnam Terdepak?

Piala Asia 2019: Legenda Barcelona Ramalkan 7 dari 8 Perempat Finalis

Selebrasi gol pemain Qatar

Di luar dugaan, Qatar yang hanya memiliki penguasaan bola sebanyak 39 persen, mampu bermain efektif melalui gol tunggal Hatem. Kendati diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, tim arahan Paulo Bento tak kuasa menembus rapatnya pertahanan Qatar.

Atas kemenangan itu, Qatar menorehkan sejarah baru lolos ke semifinal Piala Asia untuk kali pertama sejak turnamen dihelat pada tahun 1956 di Hong Kong.

Tidak hanya itu, gawang Qatar yang dijaga Saad Al Sheeb juga belum pernah kebobolan dari fase grup hingga fase gugur. Catatan gemilang itu tentunya menjadi ajang promosi Qatar akan kesiapan mereka menyelenggarakan Piala Dunia 2022.

Kesedihan bagi Korsel nyatanya juga menjadi 'kesenangan' bagi fans Tottenham, karena Son kembali lebih cepat ke Inggris. Kehadiran mantan pemain Bayer Leverkusen itu memang dibutuhkan Spurs yang kehilangan Harry Kane dan Dele Alli karena cedera.

Sementara itu di Stadion Hazza Bin Zayed, Jumat (25/1) malam WIB, secara mengejutkan tuan rumah Piala Asia 2019, UEA, menyingkirkan juara bertahan dengan skor 1-0 melalui gol yang diciptakan Ali Mabkhout di menit 68.

Selebrasi gol pemain UEA

Sama seperti Qatar, UEA bermain efisien dengan hanya 36 persen penguasaan bola dan dua peluang tepat sasaran. Tim besutan Graham Arnold sudah mengerahkan segalanya untuk mencetak gol, tapi, dengan lini depan yang tumpul, sulit bagi Australia merobohkan pertahanan kokoh UEA.

Mabkhout juga menorehkan catatan spesial di pertandingan tersebut. Penyerang yang memperkuat Al-Jazira itu menjadi pencetak gol ketiga terbanyak sepanjang masa Piala Asia setelah Ali Adei (14 gol) dan Lee Dong-gook (10 gol). Torehan gol Mabkhout sama dengan Naohiro Takahara (sembilan gol).

Pasukan Alberto Zaccheroni akan menghadapi Qatar di semifinal. Sementara semifinalis lainnya, Iran bertemu dengan Jepang.

Berikut jadwal semifinal Piala Asia 2019:

- Iran vs Jepang, Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1) pukul 21.00 WIB

- UEA vs Qatar, Stadion Mohammed Bin Zayed, Selasa (29/1) pukul 21.00 WIB

Breaking News Piala Asia Piala Asia 2019 Jepang Iran Qatar UEA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan