Perempat Final Piala Dunia 2022: 4 Duel Kunci Prancis Vs Inggris

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Desember 2022
Perempat Final Piala Dunia 2022: 4 Duel Kunci Prancis Vs Inggris
Didier Deschamps dan Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Laga antara timnas Prancis melawan timnas Inggris di perempat final Piala Dunia 2022 merupakan salah satu pertandingan yang dinanti. Laga tersebut akan dimainkan di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) pukul 02.00 dini hari WIB.

Pertandingan nanti juga akan jadi pertemuan ketiga antara Inggris dan Prancis di Piala Dunia. Inggris memenangi dua laga sebelumnya, yakni pada 1966 (2-0) dan 1982 (3-1). Kedua laga tersebut terjadi di fase grup.

Prancis juga hanya sekali kalah dari delapan pertemuan lawan Inggris di seluruh kompetisi, lima kali menang dan dua kali imbang. Sementara Prancis juga jadi tim juara bertahan Piala Dunia pertama yang mencapai perempat final sejak Brasil pada 2006.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Cadangkan Cristiano Ronaldo, Fernando Santos Dikritik

Sudah Ditolak Bayern Munchen, Cristiano Ronaldo Juga Tak Diinginkan PSG

Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Ancam Tinggalkan Timnas Portugal

Perang bintang di antara kedua negara tak terhindarkan lagi di Al Bayt Stadium. Menilik dari berbagai sumber, BolaSkor menganalisis empat duel kunci yang berpotensi terjadi di pertandingan nanti, berikut ulasannya:

1. Gareth Southgate vs Didier Deschamps

Adu taktik kedua pelatih akan dinanti publi di laga nanti. Baik Gareth Southgate dan Didier Deschamps sukses membuat tim yang tangguh dengan kombinasi pemain bertalenta, berkualitas, dan bintang di Eropa.

Pada Piala Dunia 2018 Rusia Deschamps membawa Prancis juara Piala Dunia (kedua untuk Prancis), ia juga mengangkat trofi sebagai pemain pada Piala Dunia 1998. Sedangkan Southgate belum memberikan trofi untuk Inggris, tetapi membawa Inggris ke final internasional pertama mereka selama 55 tahun pada Piala Eropa 2020.

Kendati demikian kritik kepada kedua pelatih itu tetap berdatangan, seperti kepada Deschamps setelah Prancis tersingkir secara mengejutkan di Piala Eropa 2020, sedangkan Southgate dipertanyakan soal pendekatan taktik.

Pertanyaan itu seputar pemikiran konservatif Southgate yang dinilai tak cukup berani, atau tahu cara memanfaatkan talenta tim khususnya pada opsi ofensif. Menarik melihat bagaimana taktik atau susunan pemain yang diturunkan kedua pelatih nanti.

2. Jules Kounde vs Phil Foden

Phil Foden memberikan dua assists kala Inggris menang telak 3-0 atas Senegal di 16 besar Piala Dunia 2022. Foden melakukannya kala ia bermain di sisi kiri (kanan pertahanan lawan). Pada posisi tersebut Prancis, bek kanan, ditempati oleh Jules Kounde.

Berbeda dari Benjamin Pavard, Kounde lebih punya naluri bertahan dan tidak banyak naik membantu serangan. Meski belum tentu menghadapi Foden, bisa jadi Raheem Sterling atau Jack Grealish, Prancis harus mewaspadai sisi kanan pertahanan.

Foden pemain yang kreatif dengan pergerakan yang juga fleksibel. Ilmu itu didapatkannya, serta dikembangkan di Manchester City, dari Pep Guardiola. Kounde pun harus waspada menjaga pergerakan Foden.

3. Kylian Mbappe vs Kyle Walker

Salah satu duel kunci yang akan dinanti. Top skorer Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe, akan jadi ujian besar bagi pertahanan timnas Inggris. Mbappe penyerang komplit yang punya kecepatan dan penyelesaian akhir bagus.

Mbappe seketika bisa diam dan seolah hilang di pertandingan, tetapi ketika menerima bola jalan pikirannya cukup sulit ditebak, entah menendang bola atau mendribelnya. Tugas bertahan Inggris tak bisa dibebankan kepada satu pemain.

Akan tapi jika tugas itu diemban satu pemain maka dia adalah bek kanan Inggris Kyle Walker. Menurut pandit sepak bola, Gary Neville, Walker satu-satunya pemain yang dapat menghentikan Mbappe.

"Saya tidak mengatakan kami memiliki bek kanan terbaik di dunia, tetapi dalam hal fisik, kecepatan, dan pengalaman, saya tidak bisa memikirkan pemain yang lebih baik untuk menyamai Kylian Mbappe daripada Kyle Walker," papar Neville.

Walker sudah berusia 32 tahun tapi ia masih punya kecepatan untuk mengimbangi Mbappe. Bek Manchester City itu pun menegaskan tidak akan memberi kemudahan untuk Mbappe.

"Pertandingannya bukan Inggris vs Mbappe, ini Inggris vs Prancis. Kami akan memberikan rasa hormat, tetapi saya tidak akan menggelar karpet merah baginya (Mbappe) untuk mencetak gol. Lakukan atau mati seolah-olah kami kalah, kami pulang," tegas Walker.

4. Jude Bellingham vs Aurelien Tchouameni

Dua pemain muda berprospek masa depan cerah untuk klub dan juga timnas masing-masing. Keduanya juga mewakili regenerasi yang berjalan dengan baik, baik itu di Inggris atau Prancis, terutamanya Prancis.

Dapat dibayangkan Prancis tanpa Paul Pogba, N'Golo Kante, Presnel Kimpembe, Mike Maignan, dan Karim Benzema. Tapi para pengganti menjalankan tugas dengan baik.

Di laga nanti duel Jude Bellingham dengan Aurelien Tchouameni bakal dinanti, terutamanya karena keduanya beroperasi di lini tengah permainan. Tipikal bermain keduanya berbeda. Tchouameni lebih defensif dan gelandang pekerja keras, sementara Bellingham box to box yang juga kreatif kala menyerang.

Selama empat laga Bellingham (19 tahun) menorehkan satu gol, memberikan satu assist, dengan performa yang matang serta pergerakan dinamis. Hal itulah yang akan coba dihentikan oleh Tchouameni (22 tahun) yang bergerak sebagai mesin di lini tengah Prancis.

Prancis Timnas Prancis Inggris Timnas Inggris Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan