BolaSkor.com - Mantan pemain FC Barcelona, Edmilson, menilai Blaugrana - julukan Barcelona - tengah memasuki fase akhir sebuah era setelah melalui periode negatif belakangan ini. Edmilson melihat adanya potensi perubahan dalam skuat tim.

Barcelona asuhan Ernesto Valverde tengah dalam sorotan tinggi menyusul kegagalan tim meraih kemenangan di dua laga beruntun di seluruh kompetisi, saat melawan Levante (1-3) di LaLiga dan Slavia Praha di Liga Champions (0-0).

Edmilson, mantan pemain Barcelona 2004-2008, melihat kesamaan dari Barcelona saat ini dengan Barcelona di eranya saat masih dilatih Frank Rijkaard. Pasca ditinggal Rijkaard pada 2008, klub juga mengalami kesulitan setelah merasakan era emas dengan pemain seperti: Deco, Ronaldinho, Samuel Eto'o, Rafael Marquez, dan Ludovic Giuly.

Baca Juga:

Statistik Ini Jadi Bukti Kurangnya Determinasi Bermain Barcelona Kontra Slavia Praha

Betapa Buruknya Sikap Lionel Messi dkk, Langsung Pergi Selepas Laga Melawan Slavia Praha

Ditahan Slavia Praha, Barcelona Dianggap Terlalu Mengandalkan Lionel Messi

Barcelona

"Sejak awal musim, Barcelona mengalami kesulitan menemukan cara mereka bermain, karena pramusim yang dilalui dan juga cedera pemain. Kami sedikit khawatir, tapi kami tahu ada banyak kualitas dalam skuat ini," kata Edmilson kepada Tot Costa.

"Mungkin itu mengingatkan saya akan akhir era. Banyak pemain muda datang, ada beberapa pemain dengan banyak pengalaman, tapi ini bisa jadi perubahan dan itu normalnya mengartikan perubahan permainan, dari sisi mental, sikap."

"Itu natural. Terlalu cepat memberikan kesimpulan, tapi jika pada akhir akhir segalanya tak berjalan baik, maka keputusan harus dibuat," lanjut mantan pemain yang bisa menjadi bek dan gelandang bertahan itu.

Pengamatan Edmilson soal akhir sebuah era Barcelona dilihatnya melalui banyaknya pemain muda di dalam skuat, seperti Ansu Fati, Frenkie de Jong, Carles Perez, serta menuanya usia pemain-pemain senior semisal Lionel Messi, Gerard Pique, dan Sergio Busquets.

"Sepak bola merupakan olahraga kolektif. Para pemain muda harus memiliki kepercayaan diri dan para pemain senior, ketika hal-hal tidak berjalan baik, harus memberikan bantuan," tambah Edmilson.

"Sulit terlalu banyak mengatakannya ketika Anda tidak ada di sana setiap harinya, tapi dari apa tang saya baca dan lihat di media, kita berharap lebih dari Barca ini, yang telah memberikan banyak kegembiraan dalam 12 tahun terakhir," urainya.

Barcelona bisa mencoba untuk bangkit dan kembali ke laju kemenangan kala melawan Celta Vigo di pekan 13 LaLiga, Minggu (10/11) pukul 03.00 dini hari WIB di Camp Nou.