BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19/U-20 sukses menyegel satu tempat di Piala Asia U-20 2023 sebagai Juara Grup F setelah mengalahkan Vietnam U-20 dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9) malam WIB. Garuda Muda menyapu bersih kemenangan di tiga laga kualifikasi.

Adapun tiga gol Timnas Indonesia U-20 ke gawang Vietnam U-20 disumbangkan masing-masing oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-60, lalu Muhammad Ferrari (82'), dan Rabbani Tasnim (85').

Menariknya, Marselino dan Rabbani berstatus sebagai pemain pengganti. Keduanya turun di babak kedua, masing-masing pada menit ke-46 dan 77.

Selain itu, pemberi assist untuk Rabbani, Alfriyanto Nico Saputro juga tampil dari bangku cadangan. Dia masuk di menit 77.

Fakta ini membuktikan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, cukup cermat dalam melakukan pergantian pemain. Juru taktik asal Korea Selatan itu memang melihat adanya penurunan performa beberapa pemain di babak kedua sehingga harus melakukan perubahan.

Baca Juga:

Hajar Vietnam 3-2, Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Menang Dramatis atas Vietnam, Shin Tae-yong Bangga dengan Skuat Timnas Indonesia U-20

"Jadi pemain yang tampil sebagai starter sangat bekerja keras selama pertandingan. Tapi kemudian fisik menurun di babak kedua," kata Shin Tae-yong.

"Sebagai pelatih, saya sudah punya firasat. Jadi akhirnya saya ganti tiga pemain dan itu menambah kepercayaan diri para pemain lain sehingga kami dapat memenangkan pertandingan," ujarnya.

Sementara itu, terkait keputusan kembali menyimpan Marselino Ferdinan untuk tampil di babak kedua disebut Shin Tae-yong bukan karena dirinya ingin menyiapkan strategi kejutan untuk Vietnam U-20.

Menurutnya, Marselino memang tidak dalam kondisi terbaik selama babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Di laga sebelumnya melawan Hong Kong U-23, Marselino juga hanya bermain sejak menit ke-80.

"Sebelum bergabung dengan tim nasional, dia belum pulih total dan sebelumnya selalu bermain di kompetisi. Karena itu, saya memainkan dia di 45 menit kedua dalam pertandingan ini," ujar Shin Tae-yong.