BolaSkor.com - Keberadaan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer Manchester United dengan kepercayaannya kepada pemain-pemain muda tak selamanya membuat produk akademi klub bahagia. Kasus itu bisa dilihat mengenai Angel Gomes.

Gelandang serang berusia 19 tahun memilih tak memperpanjang kontraknya dengan United dan hengkang. Gomes sudah berada di akademi United pada usia enam tahun dan memainkan debut di akhir musim 2016-17 - menjadikannya debutan termuda klub setelah Duncan Edwards pada 1953.

Sejak saat itu Gomes kesulitan bermain reguler di tim utama Man United, tampil di beberapa laga, dan tidak mencetak gol. Kepergian saudara sepupu Luis Nani itu dikonfirmasi oleh pihak klub.

Baca Juga:

Manchester United Bisa Kehilangan Angel Gomes, Wonderkid yang Diincar Banyak Klub

Manchester United Bukan Cuma Tentang Bruno Fernandes dan Paul Pogba

Selebrasi Gol Membentuk Huruf A, Mason Greenwood Punya Alasan Khusus

Angel Gomes

"Manchester United dapat mengkonfirmasi bahwa Angel Gomes tidak menerima tawaran kontrak baru dan karenanya meninggalkan klub," demikian pernyataan United dalam pernyataan yang dirilis pada hari Rabu waktu sempat.

"Pemain berusia 19 tahun itu bergabung dengan Man United pada usia yang sangat muda dan bekerja melalui tahapan sebelum menjadi pemain pertama yang lahir pada tahun 2000-an untuk mewakili tim utama, sebagai pengganti Wayne Rooney di pertandingan terakhir 2016-17 Musim melawan Crystal Palace."

"Itu berarti dia menjadi pemain termuda sejak Duncan Edwards untuk melakukan debut seniornya untuk klub, segera setelah dianugerahi penghargaan Pemain Muda Terbaik Jimmy Murphy."

"Gelandang serang itu membuat total 10 penampilan senior untuk Man United - tiga di antaranya dimulai, yang semuanya datang di Liga Europa musim ini."

"Penampilan terakhirnya adalah saat kalah 0-4 dari Norwich City di Old Trafford di Premier league pada Januari."

"Semua orang di Manchester United ingin mengucapkan semoga keberuntungan yang terbaik bagi Angel untuk masa depan dan berterima kasih padanya atas usahanya untuk klub."

Solskjaer menanggapi kabar kepergian Gomes sebelumnya dengan santai.

"Saya tak punya kabar baru, tidak ada, jadi sepertinya tidak seperti itu (Gomes teken kontrak baru)," ucap Solskjaer sebelumnya.

"Saya tak mendengarnya semalam atau pagi ini, sepertinya mereka tak mencapai kesepakatan jadi jawabannya mungkin singkat dan, ya (Gomes hengkang)."

Kepergian Gomes bak deja vu kepergian Paul Pogba delapan tahun silam ketika Manchester United masih ditangani Sir Alex Ferguson.

Ikuti Jejak Paul Pogba dan Jadon Sancho

Paul Pogba

Pogba juga alumni akademi United yang pergi pada 2012 karena tak pernah main di tim utama. Keputusannya tidak salah karena ia berkembang selama empat tahun bermain dengan Juventus, bersanding dengan nama-nama top senior seperti Arturo Vidal, Andrea Pirlo, dan Claudio Marchisio.

Uniknya Man United merekrutnya kembali pada 2016 sebesar 89 juta poundsterling dari Juventus. Membeli pemain yang notabene produk akademi mereka dalam kondisi yang sudah matang dan berpengalaman.

United tak perlu melakukannya apabila Pogba masih bertahan sejak 2012 dan banyak diberi kans tampil di tim utama. Juara Piala Dunia 2018 masih membela klub sampai saat ini.

Nasib serupa juga terjadi kepada Jadon Sancho. Pemain berusia 20 tahun meninggalkan akademi Manchester City pada 2017 dan kini sudah menjadi bintang Bundesliga dan Borussia Dortmund. Uniknya United juga mengincarnya.

Menilik kedua nama itu tidak usah heran apabila Angel Gomes suatu hari kelak menjadi bintang di Eropa, menunjukkan potensinya, dan Man United hanya bisa tersenyum melihat kesuksesan Gomes atau merekrutnya kembali dengan harga mahal.