Peringkat Keenam Pencapaian Luar Biasa Arema FC meski Dipatok Tiga Besar

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 11 Desember 2018
Peringkat Keenam Pencapaian Luar Biasa Arema FC meski Dipatok Tiga Besar
CEO Arema FC, Iwan Budianto. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Perjalanan Arema FC dalam mengarungi kompetisi di musim ini bisa dibilang paling terjal dalam sejarah. Terjerembab hingga beberapa pekan di zona degradasi, jelas bukan gambaran karakter Arema FC yang dikenal sebagai tim dengan tradisi juara.

Manajemen pun mengakui bahwa kiprah di musim ini menjadi salah satu yang paling berat dijalani. Mulai buruknya performa tim, hingga jeratan sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI secara beruntun atas berbagai pelanggaran yang terjadi.

"Saya sampai menyimpan semua arsip tentang perjalanan sulit kami sepanjang musim ini. Kami sempat menghuni zona degradasi hingga tujuh pekan lamanya," tandas CEO Arema FC, Iwan Budianto.

Oleh karena itu, bisa finis di posisi enam besar dianggap suatu pencapaian yang luar biasa. Meski di sisi lain, Arema FC sudah gagal total dalam mematok target yang ingin berada di tiga besar, sebagai syarat untuk berlaga di kompetisi Asia musim depan.

Baca Juga:

Hamka Hamzah Sedih Sriwijaya FC dan Mitra Kukar Terdegradasi

Dipertahankan, Konate Jadi Pemain Asing Pertama Arema FC untuk Liga 1 2019

"Kami memilih target yang realistis di putaran kedua. Dengan situasi sulit seperti itu, sebenarnya kami fokus untuk menghindarkan tim ini dari degradasi," papar IB, sapaan karibnya.

Arema FC sebenarnya bisa mewujudkan target untuk finis di lima besar klasemen. Sayangnya, Arema kalah dalam hitungan selisih gol dengan Persebaya Surabaya (surplus 11 dibanding 12 gol).

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 50 poin dan saling mengalahkan dengan skor yang identik 1-0 dan 0-1. Sehingga, hitungan head to head otomatis gugur dengan penentuan peringkat diambil dari jumlah selisih gol kedua tim secara keseluruhan di kompetisi.

"Mengakhiri posisi di enam besar adalah prestasi bagus bagi kami, dan bahkan bisa melebihi target tim untuk sekedar bertahan di Liga 1," urai sosok yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PSSI tersebut.

"Cukup musim ini saja kami menjalani kompetisi dengan begitu banyak hambatan. Dan kami sudah tahu terkait apa saja yang perlu dibenahi untuk tim ini di musim depan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Breaking News Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan