Periode Negatif Barcelona dan Rekor Buruk Xavi Hernandez

Arief HadiArief Hadi - Senin, 17 Oktober 2022
Periode Negatif Barcelona dan Rekor Buruk Xavi Hernandez
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Bagi fans Barcelona pekan yang telah berlalu kemarin menjadi pekan yang suram. Bagaimana tidak, Barcelona kesulitan bermain di Liga Champions dan bisa turun kasta ke Liga Europa, plus di akhir pekan kalah dari rival bebuyutan Real Madrid.

Barcelona kalah 0-1 dari Inter Milan di Giuseppe Meazza, lalu ditahan imbang 3-3 di Camp Nou. Hasil itu mempersulit kans lolos Barcelona ke-16 besar. Kemudian Barcelona kalah telak 1-3 dalam lanjutan laga LaLiga lawan Madrid di El Clasico, yang dimainkan di Santiago Bernabeu, Minggu (16/10) maolam WIB.

Barcelona hanya bisa membalasnya dari gol Ferran Torres sementara tiga gol Madrid datang dari Karim Benzema, Federico Valverde, dan Rodrygo Goes. Posisi Barcelona masih bertarung merebutkan titel LaLiga tapi tidak diragukan lagi, mereka dalam periode negatif.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez dalam sorotan. Sang legenda sudah mendapatkan tuntutan pemecatan dari fans di media sosial. Xavi pun mengakui Barcelona sedang ada pada periode buruk saat ini.

Baca Juga:

Kejayaan Real Madrid di El Clasico dan Fakta Menarik Lainnya Pasca Melawan Barcelona

Real Madrid Vs Barcelona: Membedah Kekuatan Setiap Lini

Real Madrid 3-1 Barcelona: Menangi El Clasico, Los Blancos ke Puncak

"Perasaannya adalah bahwa kami berada dalam dinamika negatif. Kami sedang mencoba. Kami memiliki keyakinan, harga diri. Kami mencoba. Untungnya, itu adalah tiga poin. Ini adalah kesempatan untuk tetap berada di puncak dan kami pergi dengan tangan kosong," papar Xavi seperti dilansir dari Marca.

"Kami punya kans melawan mereka dan kami tidak memanfaatkan momen mereka dan mereka bertahan dengan sangat baik. Kami harus mengubah dinamika tidak ada yang berjalan sesuai keinginan kami."

"Saya khawatir kami tidak menyerang dengan baik. Kami tidak memanfaatkan momen kami. Ini bukan hari yang hebat. Kami berada dalam dinamika yang buruk dan kami harus mengubahnya sekarang. Kami harus lebih dewasa dan bersaing jauh lebih baik," terangnya.

Rekor Buruk Xavi

Sudah jatuh tertimpa tangga, atas kekalahan itu Xavi - menurut Marca - jadi pelatih terburuk Barcelona dalam hitungan 50 laga, jika dibandingkan dengan pendahulunya dalam beberapa musim terakhir.

Dalam 50 laga memimpin Barcelona Xavi punya catatan 28 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 11 kekalahan. 50 laga itu rinciannya 37 laga di musim lalu dan 13 di musim ini.

Catatan itu sedianya sama dengan Frank Rijkaard, tapi pelatih asal Belanda itu lebih baik dengan catatan satu hasil imbang lebih dan kurang satu kekalahan dari Xavi. Lalu Luis Enrique dengan catatan 42 kemenangan, tiga hasil imbang, dan lima clean sheet.

Sementara nama lain seperti Pep Guardiola dan Tata Martino punya catatan 37 kemenangan, delapan hasil imbang, dan lima kekalahan. Lalu Tito Vilanova dengan 36 kemenangan, delapan hasil imbang, dan enam kekalahan.

Ernesto Valverde, yang kini melatih Athletic Bilbao, punya 28 kemenangan seperti Xavi tapi imbang 19 kali dan kalah hanya tiga kali dan Ronald Koeman, memenangi 33 laga dari 50 laga pertama, kalah 10 kali, dan tujuh kali imbang.

Kendati demikian di antara pelatih-pelatih tersebut hanya Xavi yang melatih Barcelona tanpa kehadiran megabintang Argentina, Lionel Messi, yang kini membela PSG.

Barcelona FC Barcelona LaLiga Xavi Xavi Hernandez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan