Perjalanan Karier dan Kenangan Tak Terlupakan Irfan Jaya di Persebaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 28 Februari 2021
Perjalanan Karier dan Kenangan Tak Terlupakan Irfan Jaya di Persebaya
Irfan Jaya saat berbaju Persebaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya merupakan klub profesional pertama sepanjang karier di lapangan hijau. Persebaya juga yang membesarkan namanya hingga mendapat panggilan bersama Timnas Indonesia. Kini, Irfan Jaya resmi berpisah setelah menjalin kerja sama selama empat musim.

"Kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan bersama Persebaya sudah pasti banyak. Salah satunya saat saya bisa membawa Persebaya promosi ke Liga 1. Sebuah kebanggaan bagi saya pernah jadi bagian klub sebesar Persebaya. Apalagi saya masuk setelah Persebaya tidur panjang. Suasana kekeluargaan juga menjadi kenangan tersendiri," beber Irfan.

Irfan Jaya mengalami perkembangan karier yang cukup pesat di sepak bola Indonesia. Prestasi sebagai top skorer ISC U-21 2016 dengan 14 gol bersama PSM Makassar U-21 membuatnya masuk bidikan Persebaya untuk mengisi slot pemain di musim 2017.

Baca Juga:

Tinggalkan Persebaya, Irfan Jaya Mengaku Sampai Susah Tidur

Irfan Jaya Hengkang dari Persebaya

Saat itu, Bajol Ijo yang dipoles Iwan Setiawan sedang membentuk tim untuk kompetisi Liga 2 setelah statusnya diakui kembali sebagai anggota PSSI. Dia turut menyumbangkan gelar pertama bersama Persebaya, juara turnamen pra musim Piala Dirgantara 2017.

Kendati demikian, Irfan tak langsung moncer bersama Persebaya. Bahkan, empat laga Liga 2 2017 dilewatinya tanpa mencetak gol. Pertandingan antara Persebaya vs Madiun Putra menjadi momen debut profesionalnya.

Sialnya, laga di Stadion Gelora Bung Tomo, 20 April 2017 itu tak berakhir manis karena selesai imbang 1-1. Saat itu, tim tamu unggul lebih dulu lewat Purniawan pada menit ke-15. Persebaya baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-27 setelah umpan Oktafianus Fernando diselesaikan dengan apik oleh Misbakhus Solikhin.

Laga itu sempat membuat Irfan sedikit minder. Apalagi hasil akhirnya tak sesuai harapan.
"Saya waktu itu kecewa dan down. Sempat berfikir kalau saya ini belum pantas main di liga karena belum ada pengalaman. Tetapi saya terus belajar dari pengalaman dan Alhamdulillah perlahan bisa di percaya kembali," katanya mengenang.

Kesempatan yang didapat Irfan untuk menapaki kariernya perlahan mulai berdatangan. Berkat gelar pemain terbaik Liga 2 2017, dia dipanggil membela Timnas Indonesia pada awal 2018.

Dia bahkan menjadi andalan selama tahun itu. Ya, Irfan mampu menembus skuat Timnas U-23 arahan Luis Milla di Asian Games 2018. Winger berusia 24 tahun itu juga masuk timnas Indonesia yang diarsiteki oleh Bima Sakti pada Piala AFF 2018.

Sadar memiliki banyak kenangan berharga bersama tim asal Kota Pahlawan tersebut, Irfan Jaya berharap Persebaya dapat meraih kesuksesan di masa depan. Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada pendukung fanatik Persebaya, Bonek dan Bonita.

"Persebaya adalah tim pertama saya menjadi pemain profesional, jadi saya tidak akan pernah melupakan semua kenangan selama di Persebaya," ujar Irja, sapaan akrabnya.

"Saya berterima kasih kepada Persebaya mau menerima saya dengan baik. Semoga Persebaya kedepannya lebih baik lagi. Untuk Bonek dan Bonita saya memohon maaf tidak bisa bersama-sama lagi musim ini. Bonek suporter yang sangat luar biasa, semoga suatu saat kita bisa bertemu kembali," pungkasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Catatan Irfan Jaya bersama Persebaya Surabaya

Penampilan:

Liga 2 2017: 20 main, 9 gol, 6 assist

Liga 1 2018: 21 main, 6 gol, 3 assist

Liga 1 2019: 27 main, 8 gol, 5 assist

Liga 1 2020: 2 main, 0 gol

Prestasi:

- Juara Piala Dirgantara 2017

- Juara Liga 2 2017

- Pemain Terbaik Liga 2 2017

- Peringkat Lima Liga 1 2018

- Peringkat Kedua Liga 1 2019

- Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Irfan Jaya Persebaya surabaya Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan