Perjalanan Manchester City Menuju Final Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 26 Mei 2021
Perjalanan Manchester City Menuju Final Liga Champions
Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City mengukir sejarah dengan mencapai final Liga Champions untuk kali pertama di musim ini. The Citizens akan menantang sesama klub Inggris, Chelsea di final yang dihelat di Estadio do Dragao, Minggu (30/05) pukul 02.00 dini hari WIB.

Bagi City titel Liga Champions merupakan ambisi yang ingin diraih seperti halnya PSG (Paris Saint-Germain). Kedua klub memiliki persamaan dari pemilik klub yang sama-sama berasal dari Timur Tengah dan berambisi memenangi titel Liga Champions.

Seperti halnya Nasser Al-Khelaifi di PSG, Sheikh Mansour di Man City juga berinvestasi besar-besaran dalam skuadnya dari era Mark Hughes, Roberto Mancini, Manuel Pellegrini, hingga kini ditangani oleh Pep Guardiola.

Baca Juga:

Fakta Unik: Serie A, Premier League, dan LaLiga Dikuasai Tim Satu Kota

Perpisahan Sempurna Sergio Aguero: Pecahkan Rekor Wayne Rooney

Chelsea Akan Tampil di Final Liga Champions dengan Dada Membusung

Manchester City vs Chelsea (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Sebelum mencapai final di musim ini pencapaian terbaik dalam sejarah Man City di Liga Champions adalah mencapai semifinal pada musim 2015-2016. Kala itu perjalanan mereka kandas oleh raja Eropa Real Madrid.

Menilik kembali perjalanan Man City musim ini dari fase grup hingga mencapai final, berikut BolaSkor.com mengulik perjalanan City hingga mencapai fase akhir di perjalanan Liga Champions 2020-2021:

Fase Grup

Man City berada di grup yang relatif ringan bersama Porto, Olympiacos, dan Olympique Marseille. Di atas kertas Man City sudah diunggulkan lolos ke-16 besar dan prediksi itu tepat menjadi kenyataan.

City lolos sebagai pemuncak klasemen gryp C dengan raihan 16 poin hasil dari lima kemenangan dan satu hasil imbang. Pada laga pertama City menang telak 3-1 atas Porto dari gol Sergio Aguero, Ilkay Gundogan, dan Ferran Torres.

Lalu di laga kedua di markas Marseille menang telak 3-0 dari gol Torres, Gundogan, dan Raheem Sterling. Pesta gol itu berlanjut sampai laga ketiga grup melawan Olympiakos dengan kemenangan 3-0 dari gol Torres, Gabriel Jesus, dan Joao Cancelo.

Pada putaran kedua City mengendurkan tempo bermain tapi tetap efektif dengan kemenangan 1-0 di markas Olympiakos (gol Phil Foden), imbang tanpa gol kontra Porto di Portugal, dan menang 3-0 di Etihad melawan Marseille (gol Torres, Aguero, dan bunuh diri Alvaro).

City keluar dari fase grup dengan catatan 13 gol dan kebobolan satu gol. Itu memperlihatkan ketajaman City yang seimbang dengan cara mereka bertahan setelah merekrut Ruben Dias dari Benfica.

Man City vs Borussia Monchengladbach - 16 Besar

Man City dipertemukan dengan tim Bundesliga besutan Marco Rose Borussia Monchengladbach. Gladbach sebelumnya dibuat kerepotan oleh permainan Inter Milan di fase grup yang mengandalkan Romelu Lukaku, tetapi kali ini mereka kalah kelas dari City.

City mendominasi permainan di dua leg dan sama sekali tak memberikan Gladbach kesempatan mencetak gol. Hasilnya sudah terlihat. City memenangi dua pertandingan di dua leg kandang tandang dengan kemenangan 2-0 (agregat gol 4-0).

Pada leg pertama dua gol City dicetak Bernardo Silva dan Gabriel Jesus, lalu di leg dua oleh Ilkay Gundogan dan Kevin De Bruyne. City tak menemui masalah berarti melaju ke perempat final.

Man City vs Borussia Dortmund - Perempat Final

Ambisi Man City diuji oleh Borussia Dortmund yang memiliki striker yang namanya sedang naik daun, Erling Haaland serta produk akademi City, Jadon Sancho. Dortmund sempat mencuri gol tandang di Etihad Stadium pada leg pertama ketika kalah 1-2 dari gol De Bruyne dan Foden yang dibalas Marco Reus.

Pada pertemuan kedua Dortmund memberikan perlawanan sengit di laga kandang dan sempat mencuri keunggulan dari gol Jude Belingham. Akan tapi City bangkit dan membalasnya dari dua gol Mahrez dan Foden, melenggang ke semifinal dengan agregat gol 4-2.

Man City vs PSG - Semifinal

Derby Minyak antara dua tim yang dimiliki oleh pengusaha Timur Tengah. PSG musim lalu mencapai final dengan Thomas Tuchel dan kini berganti pelatih menjadi Mauricio Pochettino. Pergantian pelatih membuat PSG berada di masa transisi.

Kendati sempat unggul 1-0 dari gol Marquinhos di menit 15 di Parc des Princes, City membalasnya melalui dua gol De Bruyne dan Mahrez hingga mereka menang 2-1 di Paris.

Di Etihad Stadium PSG butuh setidaknya skor 2-0 untuk lolos langsung ke final. Dengan kondisi yang lebih nyaman Man City bermain tenang meladeni agresivitas Kylian Mbappe dan Neymar dkk.

Riyad Mahrez menjadi pahlawan kemenangan Man City dengan dua golnya di menit 11 dan 63. Man City ke final untuk kali pertama dalam sejarah dengan agregat gol 4-1.

Breaking News Manchester City Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan