skin-banner-left-home
skin-banner-right-home

Perjalanan Panjang Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023

Perjalanan Panjang Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023 Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia harus melalui perjalanan panjang menuju Piala Asia 2023. Jalan panjang itu baru setapak dilalui Skuat Garuda.

Di mana, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat Garuda dua kali menang atas Taiwan (2-1 dan 3-0) pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, 7 dan 11 Oktober kemarin.

Baca Juga:

Saddil Batal ke Timnas U-23, Egy Maulana Vikri dan Syahrian Abimanyu Masih Abu-abu

Shin Tae-yong Beberkan Hasratnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF

Hasil ini menempatkan Timnas Indonesia di pot empat Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, dan Kamboja. Negara terakhir yang disebut masuk ke Kualifikasi Piala Asia 2023 juga melalui laga play-off usai mengalahkan Guam. Pembagian pot dilihat AFC berdasarkan ranking FIFA.

Nantinya, Timnas Indonesia akan menghadapi tiga tim berasal dari pot satu, dua, dan tiga. Skuat Garuda berpeluang berhadapan dengan raksasa Asia yang tidak bisa lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023.

Pot satu dihuni oleh Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India. Adapun pot dua diisi Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, dan Myanmar. Pot tiga ada Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, dan Singapura.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Taiwan. (PSSI)

Nantinya, 24 tim dari Kualifikasi Piala Asia 2023, hanya diambil 11 terbaik menuju putaran final. Hanya ada enam juara grup dan lima runner-up terbaik menuju Piala Asia 2023.

11 tim terbaik bergabung dengan 13 tim yang sudah memastikan lebih dahulu lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Selain tuan rumah China, ada Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Iraq, Oman, Vietnam, dan Lebanon.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal dimainkan pada 1 Februari-27 September 2022 dengan format kandang dan tandang.

Terakhir kali Timnas Indonesia berkiprah di Piala Asia pada tahun 2007. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah.

Skuat Garuda gagal bersaing di babak penyisihan grup, usai kalah dari Arab Saudi (1-2) dan Korea Selatan (0-1) Padahal, sebelumnya Timnas Indonesia berhasil menang atas Bahrain 2-1 pada laga pembuka.

Pembagian Pot Babak Kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India

Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, dan Myanmar

Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, dan Singapura

Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia, dan Kamboja

tengku

Pencinta sepak bola Indonesia.

Leave a Comment

Klasemen