Perjalanan Sang Raksasa J1 League Urawa Red Diamonds ke Final Liga Champions Asia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 31 Agustus 2022
Perjalanan Sang Raksasa J1 League Urawa Red Diamonds ke Final Liga Champions Asia
Urawa Red Diamond. (J League)

BolaSkor.com - Raksasa Meiji Yasuda J1 League, Urawa Red Diamonds, dipastikan menjadi tim terbaik dari kawasan Asia Timur untuk Liga Champions Asia 2022.

Hasil ini didapat usai tim berjuluk Akai Akuma alias Setan Merah tersebut menjadi yang terbaik di bagan Wilayah Timur Liga Champions Asia 2022.

Baca Juga:

Deretan Dominasi Yokohama F. Marinos di J1 League 2022, Calon Juara?

8 Rising Star Eks J League yang Berkarier di Klub Top Eropa Musim Ini

Pada partai semifinal Liga Champions Asia atau final Wilayah Timur, Urawa Reds menang adu penalti melawan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors.

Perjuangan Urawa Reds sangat heroik di Liga Champions Asia 2022. Yuk simak perjalanan si Setan Merah:

Awal Perjalanan

Urawa Red Diamond
Urawa Red Diamond. (J League)

Awal perjalanan tim asal Prefektur Saitama tersebut dimulai dari gelaran Piala Kaisar Jepang 2021 alias musim lalu.

Masuk di ronde kedua, Urawa Reds berhasil menang secara beruntun lawan Kotaller Toyama (1-0), SC Sagamihara (1-0), Kyoto Sanga (1-0), Gamba Osaka (2-0), dan Cerezo Osaka (2-0) untuk bisa melangkah ke partai puncak.

Di final, gol Ataru Esaka dan gol telat pada menit ke-90+3 dari Tomoaki Makino membuat Urawa Reds berhasil menang 2-1 lawan Oita Trinita dan merengkuh gelar Piala Kaisar kedelapan mereka.

Kemenangan ini juga artinya Urawa Reds mendapat satu tiket ke Liga Champions Asia musim ini, bersama tiga wakil J League lainnya, Kawasaki Frontale, Yokohama F. Marinos, dan Vissel Kobe.

Sebagai juara Piala Kaisar, Urawa Reds berhak langsung lolos ke babak grup Liga Champions Asia musim ini.

Babak Grup

Urawa Red Diamond
Urawa Red Diamond. (J League)

Pada babak grup, Urawa Reds tergabung di Grup F bersama Daegu FC (Korea Selatan), Lion City Sailors (Singapura), dan Shandong Taishan (Cina). Karena pandemi, enam laga babak grup digelar di satu tempat saja, laga grup F digelar di Buriram, Thailand, pada 15-30 April 2022 lalu.

Berikut ini adalah hasil Urawa Reds sepanjang babak grup:

4-1 vs Lion City Sailors (Singapura)

5-0 vs Shandong Taishan (Cina)

0-1 vs Daegu FC (Korea Selatan)

0-0 vs Daegu FC (Korea Selatan)

6-0 vs Lion City Sailors (Singapura)

5-0 vs Shandong Taishan (Cina)

Kekalahan dan hasil imbang dalam dua laga melawan Daegu FC, membuat Urawa Reds mengumpulkan poin 13, sama dengan Daegu.

Urawa Reds harus rela hanya jadi runner-up Grup F karena kalah head-to-head dengan tim asal Korea Selatan tersebut. Meski begitu, mereka tetap lolos ke babak gugur sebagai satu dari tiga runner-up terbaik di Wilayah Timur.

Babak Gugur

Urawa Red Diamond
Urawa Red Diamond. (J League)

Babak gugur untuk Wilayah Timur digelar di satu tempat, yaitu di Jepang, pada 18-25 Agustus 2022. Pada babak 16 besar, hasil undian mempertemukan Urawa Reds dengan wakil dari Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Mereka berhasil menang mudah dengan skor 5-0.

Di babak delapan besar, Urawa Reds kembali bertemu wakil Asia Tenggara, kali ini BG Pathum United asal Thailand, yang mereka kalahkan dengan skor 4-0.

Hasil ini membawa Urawa Reds lolos ke babak semifinal alias babak final Wilayah Timur Liga Champions Asia 2022, bertemu dengan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors.

Dalam pertandingan yang digelar di Saitama Stadium 2002, kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal lewat gol Yusuke Matsuo dan gol penalti Paik Seung-ho.

Pada babak tambahan, kedua tim juga sama-sama mencetak satu gol, melalui Han Kyo-won, dan gol dramatis Urawa Reds pada menit ke-120 lewat sepakan Kasper Junker. Laga dilanjutkan dalam babak adu penalti.

Jens Karlsson gagal mengeksekusi penalti untuk Urawa Reds, sedangkan tiga pemain lain yang jadi algojo sukses melaksanakan tugasnya, yakni Alexandre Scholz, Kasper Junker, dan Ataru Esaka. Urawa Reds menang adu penalti 3-1.

Kemenangan ini membuat Urawa Reds resmi jadi tim terbaik di Asia Timur tahun 2022 dan menunggu wakil Wilayah Barat pada laga final Liga Champions Asia musim ini.

Final

Urawa Red Diamond
Urawa Red Diamond. (J League)

Jepang adalah negara tersukses kedua di Liga Champions Asia dengan tujuh gelar, dan Urawa Reds jadi tim Jepang paling sering juara dengan dua gelar.

Setan Merah sebelumnya pernah juara Liga Champions Asia pada tahun 2007 dan 2017 lalu.

Pada tahun 2007, Urawa Reds menang secara agregat gol 3-1 melawan wakil dari Iran, Sepahan, melalui gol-gol Robson Ponte, Yuichiro Nagai, dan Yuki Abe, dengan racikan tangan dingin pelatih asal Jerman, Holger Osieck.

Sedangkan pada tahun 2017, Urawa Reds menang agregat gol 2-1 melawan wakil Arab Saudi, Al-Hilal, melalui dua gol Rafael Silva dan racikan pelatih Takafumi Hori.

Kini, mereka tinggal menunggu calon lawan di final, dengan Wilayah Barat baru akan melangsungkan babak gugur pada Februari tahun depan.

Seperti biasa, laga final akan dihelat kandang dan tandang pada 19 dan 26 Februari 2023 mendatang, alias enam bulan dari sekarang.

Apakah Urawa Red Diamonds akan mampu mengubah status tim terbaik Asia Timur menjadi tim terbaik di Asia tahun ini pada laga final nanti? Patut dinanti!

Urawa Red Diamonds J League Liga Champions Asia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan