BolaSkor.com - Kiper Persib Bandung, M Natshir Fadhil Mahbuby harus mengakhiri Liga 1 2019 lebih cepat. Cedera menjadi alasannya.

Kiper yang akrab disapa Deden itu mengalami patah tulang di kaki kirinya saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/7).

Pada pertengahan babak pertama, Deden mengalami benturan dengan pemain Persija, Bruno Matos hingga akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan digantikan I Made Wirawan.

Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani mengatakan dari hasil pemeriksaan, kiper bernomor punggung 1 itu tak hanya patah tulang kering (tibia) tapi juga tulang fibula terkena imbasnya. "Secara teoritis proses pemulihan Deden memakan waktu enam bulan," ungkap Rafi.

Baca Juga:

Pertama Kali Tampil di Stadion Utama GBK, Bek Persib Ardi Idrus Terkesan

Pelatih Persib Bandung Sesalkan Sikap Suporter Persija saat M. Natshir Cedera

Dengan waktu enam bulan itu, artinya Deden bisa kembali ke Persib pada Januari 2020. Sementara Liga 1 2019 akan berakhir pada Desember 2019. "Tapi saya berharap bisa lebih cepat asal pada saat rehabilitasi tidak ada komplikasi apa-apa dan semuanya sesuai dengan harapan," tuturnya.

Tidak mudah, lanjut Rafi untuk bisa menyembuhkan kondisi tulang untuk kembali seperti semula. Perlu beberapa tahapan agar Deden bisa kembali membela Persib Bandung.

"Yang pasti dalam prosesnya tidak boleh menapakan kaki lebih dulu selama enam minggu, terus harus pake tongkat. Nanti ada masanya lepas tongkat satu, belum otot-ototnya bagian yang cedera harus dilatih lagi. Memang butuh waktu. Tapi mudah-mudahan kurang dari enam bulan," jelasnya.

Rafi mengatakan bahwa Deden sangat terpukul dengan cedera yang dialami. Padahal di laga tersebut, kiper asal Soreang, Kabupaten Bandung itu sedang nyaman bermain.

"Pada saat dampingi memang Deden terlihat terpukul. Tapi saya sudah kasih tahu yang namanya musibah kita tidak tahu, pasti ada hikmah dibalik itu semua. Saya hanya bisa bilang ke Deden sabar optimis dan kuat supaya proses pemulihan cepat," katanya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)