Permintaan Penting Luis Milla kepada Klub-klub Liga 1 Terkait Timnas

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 25 Juni 2018
Permintaan Penting Luis Milla kepada Klub-klub Liga 1 Terkait Timnas
Pelatih Timnas Indonesia Senior dan U-23, Luis Milla (kanan) saat hadir dalam acara Talk Show di Kemenpora. (BolaSkor.com/Istimewa)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia Senior dan U-23, Luis Milla, meminta agar para klub-klub Liga 1 tidak mempermasalahkan para pemainnya memenuhi panggilan Skuat Garuda. Hal ini diminta agar Milla dapat fokus membangun skuat Timnas untuk berprestasi.

Selama ini memang tarik-ulur klub Liga 1 dengan Timnas menjadi sebuah kendala. Ada beberapa klub Liga 1 yang tidak sadar bahwa kepentingan Timnas adalah nomor satu.

Bagaimanapun dan apapun alasannya, klub harus rela melepas pemainnya yang memenuhi panggilan Timnas. Namun pada kenyataannya, masih ada klub yang tak rela pemainnya dipanggil.

"Intinya buat saya, ke depannya harus ada koordinasi antara Liga 1 dan Timnas, dan membuat komitmen, seperti contoh kalau (pemain) dipanggil ke Timnas, tim di Liga harus menerima," kata Luis Milla, dalam acara Talk Show Nonton Bersama Piala Dunia 2018 di Kemenpora.

Tak hanya itu, Luis Milla meminta para klub Liga 1, untuk mempercayakan striker lokal bermain lebih banyak. Pelatih asal Spanyol itu sudah berulang kali mengucapkan bahwa Timnas mendapat kendala soal pemain bagus di posisi striker.

Luis Milla bersama jajaran pelatih Timnas Indonesia pada beberapa waktu yang lalu. (BolaSkor.com/Istimewa)

Sejauh ini, memang klub Liga 1 mayoritas mempercayakan posisi striker kepada pemain asing. Alhasil, Skuat Garuda kehilangan sosok striker tajam.

Pelatih asal Spanyol itu pun meminta PSSI untuk membenahi kompetisi usia muda. Sinergi antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan para klub Liga 1 sangat penting, demi menciptakan striker berkualitas untuk Timnas.

"Kita memang sangat kurang penyerang, itu masalah tim negara ini, semua masalah itu saya rasa ada di liga. Seperi kita ketahui, di Liga 1 sekarang masih banyak pakai striker asing, sehingga striker lokalnya tidak ada yang bekembang," ucap pelatih asal Spanyol tersebut.

"Saya pernah pilih striker muda Indonesia, tapi karena jarang bermain di liga jadi tidak keluar potensinya. Saya kira ini memang harus kembali lagi ke kompetisi muda, saat mereka berkompetisi di masa muda, kemudian tim melihatnya dan berani memainkannya di tim, sehingga dampaknya itu akan berpengaruh juga kepada Timnas. Karena bagi saya posisi striker adalah posisi yang tidak sembarangan, karena mereka harus belajar dan membiasakannya sejak muda."

Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Luis Milla Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan