BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) secara resmi mengumumkan penundaan Piala AFF 2020. Awalnya Piala AFF 2020 dijadwalkan digelar 23 November sampai 31 Desember.

Penundaan penyelenggaraan sebetulnya sudah mencuat saat rapat virtual Komite Darurat AFF, Senin (27/7). Namun dilaporkan belum diumumkan secara resmi.

Media Thailand sempat menyatakan hampir semua anggota AFF setuju Piala AFF 2020 diundur ke 2021, kecuali Vietnam. Bagi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), sulit menggelar Piala AFF 2020 pada 2021 mengingat banyaknya agenda internasional.

Keputusan AFF seperti dituliskan di lamannya demi kesehatan, keselamatan pemain, pelatih, mitra, dan fans termasuk publik.

"Sejak dimulainya COVID-19, AFF telah secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA dan AFC,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.

Baca Juga:

Piala AFF 2020 Diundur, Indonesia Tolak Jadi Tuan Rumah Pengganti

7 Pemain Keturunan Calon Andalan Timnas Filipina Pasca Berakhirnya Era Younghusband Bersaudara

"Seperti Anda ketahui, pandemi terus menimbulkan ancaman kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua. Prioritas utama AFF untuk terus menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga sepakbola kami dan mengurangi dampak pandemi ini. Dengan risiko penyebaran COVID-19 tetap tinggi, AFF mendapatkan bahwa dalam situasi di mana kami tidak dapat melanjutkan secara aman AFF Suzuki Cup 2020."

"Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia termasuk keluarga dan komunitas sepakbola kami, kami yakin bahwa kami akan melaluinya bersama dengan dukungan semua pemangku kepentingan kami termasuk penggemar kami, Asosiasi Anggota, pemain, pelatih, pejabat, media dan mitra dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka karena telah bersatu dengan kami dalam perang melawan COVID-19, ” sambung Mayor Jenderal Sameth.

Keputusan AFF mendapat dukungan dari pemegang hak komersial Piala AFF. "AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi dan mitra anggota untuk memantau situasi dan akan memberikan pembaruan lebih lanjut tentang tanggal turnamen 2021 dan rincian lainnya segera," tulis di laman AFF.