Pernyataan Kontroversial FIFA Terkait Boikot Negara-negara kepada Rusia

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 Februari 2022
Pernyataan Kontroversial FIFA Terkait Boikot Negara-negara kepada Rusia
Presiden FIFA, Gianni Infantino (Twitter)

BolaSkor.com - Invasi militer yang dilakukan Rusia kepada Ukraina memicu reaksi dari dunia, tidak terkecuali di bidang olahraga sepak bola. Boikot sudah dilakukan beberapa negara kepada Rusia.

Seperti diketahui akan ada play-off Piala Dunia 2022 pada Maret 2022 dan Rusia diagendakan bertanding melawan Polandia, Republik Ceko, dan Swedia - Inggris dikabarkan juga melakukan hal yang sama.

Ketiga negara itu sudah menegaskan tak mau bertanding melawan Rusia di kompetisi atau stadion mana pun hingga serangan mereka ke Ukraina berakhir. FIFA selaku Federasi Sepak Bola Dunia menjawab boikot itu.

Baca Juga:

Figur Dunia Sepak Bola Bereaksi atas Konflik Rusia-Ukraina, dari Guardiola hingga Tuchel

7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

Polandia Menolak Bermain Lawan Rusia, Lewandowski Beri Dukungan

Pernyataan yang dikeluarkan FIFA menghasilkan tiga poin, yakni:

1. Tidak ada kompetisi yang dihelat dimainkan di Rusia dan laga kandang dimainkan di tempat netral tanpa penonton.

2. Anggota bagian asosiasi Rusia yang akan berpatisipasi di kompetisi mana pun akan berpatisipasi dengan nama Football Union of Russia (RFU) dan bukan Rusia.

3. Tidak ada bendera bangsa atau anthem Rusia yang akan digunakan dalam pertandingan kala RFU berpatisipasi. FIFA akan terus berdiskusi dengan IOC, UEFA, dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan tindakan lain yang diperlukan atau hukuman, dengan potensi didepak dari kompetisi.

Berikut pernyataan lengkap dari FIFA mengenai boikot ke Rusia terkait invasi mereka ke Ukraina:

“Untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sepak bola dan berkoordinasi dengan UEFA, Biro Dewan FIFA – yang melibatkan Presiden FIFA dan enam Presiden Konfederasi – telah dengan suara bulat memutuskan untuk mengambil tindakan pertama segera, sejalan dengan rekomendasi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan itu akan berlaku hingga pemberitahuan lebih lanjut."

“Berkenaan dengan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 mendatang, FIFA telah mencatat dengan baik posisi yang diungkapkan melalui media sosial oleh Asosiasi Sepak Bola Polandia, Asosiasi Sepak Bola Republik Ceko dan Asosiasi Sepak Bola Swedia dan telah terlibat dalam dialog dengan semua pihak. dari asosiasi sepak bola ini.

“FIFA akan tetap berhubungan erat untuk mencari solusi yang tepat dan dapat diterima bersama-sama. Pikiran FIFA tetap pada semua orang yang terpengaruh oleh situasi yang mengejutkan dan mengkhawatirkan ini."

Sikap yang diambil FIFA itu seperti saat Olimpiade ketika Rusia seharusnya dilarang berpatisipasi karena melanggar aturan dan menggunakan doping. Tapi alih-alih melarang Rusia, nama mereka diganti.

Pernyataan FIFA itu tak mendapatkan respons positif dari Federasi Sepak Bola Polandia (PZPN). Presiden PZPN, Cezary Kulesza menilai keputusan FIFA sangat sulit diterima alias tak masuk akal.

"Hari ini keputusan FIFA sangat tak bisa diterima. Kami (Polandia) tak tertarik berpatisipasi di laga ini (melawan Rusia). Sikap kami tetap sama: timnas Polandia tidak akan bermain lawan Rusia, tak peduli apapun nama tim mereka nanti," tegas Kulesza.

Breaking News Piala Dunia 2022 Qatar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Rusia Timnas rusia Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan