Pernyataan Tegas UEFA Terkait Liga Super Eropa

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 18 April 2021
Pernyataan Tegas UEFA Terkait Liga Super Eropa
Kantor UEFA (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa tidak menolerir klub-klub anggota yang berpatisipasi di Liga Super Eropa (European Super League). Sanksi yang diberikan UEFA tidak main-main.

Isu adanya Liga Super Eropa memang membuat cemas UEFA, sebab liga itu tidak diakui oleh mereka dan dinilai sebagai saingan bagi Liga Champions, Liga Europa, dan liga baru yang akan dihelat oleh UEFA.

Akan tapi beberapa klub top Eropa kabarnya setuju dengan adanya Liga Super Eropa tersebut, sebab Liga Super Eropa menjanjikan uang yang lebih banyak dan kans bagi tim-tim yang tak main di Liga Champions untuk berpatisipasi.

UEFA memberikan pernyataan tegas. Bagi klub-klub yang berpatisipasi di dalamnya maka mereka akan dilarang berkompetisi di kancah domestik, Eropa, dan level dunia, pun demikian kepada pemain.

Baca Juga:

Sanksi Berat Menanti Klub dan Pemain yang Ikut Liga Super Eropa

Perubahan dan Dampak Format Baru Liga Champions

Demi Keadilan, Solskjaer Minta UEFA Ubah Format Liga Europa

Aleksander Ceferin, Presiden UEFA

"UEFA, Asosiasi Sepak Bola Inggris dan Premier League, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan LaLiga, serta Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Serie A telah mengetahui bahwa beberapa klub Inggris, Spanyol dan Italia mungkin berencana untuk mengumumkan pembuatan Liga Super."

"Jika ini terjadi, kami ingin menegaskan kembali bahwa kami - UEFA, FA Inggris, RFEF, FIGC, Premier League, LaLiga, Serie A, tetapi juga FIFA dan semua asosiasi anggota kami - akan tetap bersatu dalam upaya kami untuk hentikan proyek sinis ini, sebuah proyek yang didirikan atas dasar kepentingan pribadi beberapa klub pada saat masyarakat membutuhkan solidaritas lebih dari sebelumnya."

"Kami akan mempertimbangkan semua langkah yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi. Sepak bola didasarkan pada kompetisi terbuka dan prestasi olahraga; tidak bisa dengan cara lain."

"Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam federasi, klub-klub terkait akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia, dan para pemain mereka bisa ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka."

"Kami berterima kasih kepada klub-klub di negara lain, terutama klub Prancis dan Jerman, yang telah menolak untuk mendaftar. Kami menyerukan kepada semua pecinta sepak bola, suporter dan politisi, untuk bergabung dengan kami dalam memerangi proyek semacam itu jika itu akan diumumkan. Kepentingan pribadi beberapa orang ini berlangsung terlalu lama. Cukup sudah."

Premier League juga menunjukkan niatan mereka bekerja sama dengan UEFA untuk menindak tegas Liga Super Eropa, khususnya bagi klub-klub yang terlibat.

Breaking News Premier League UEFA Liga Super Eropa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan