BolaSkor.com - Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, tidak hanya terjadi di lapangan saja. Kericuhan yang dilakukan oknum Aremania juga menjalar sampai pada perusakan beberapa fasilitas Stadion yang terletak di Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

Seluruh jalur pada bagian dalam stadion dijejali oleh ratusan suporter yang panik dan tidak bisa keluar lantaran kacaunya situasi. Termasuk bagi kedua tim, yang dievakuasi secara bertahap lewat prosedur pengamanan pihak kepolisian.

Kondisi itu pun membuat Arema FC hanya bisa menggelar konferensi pers secara darurat tentang penjelasan panitia pelaksana (panpel) pertandingan terkait kerusuhan tersebut.

"Dengan alasan keamanan, kami tidak bisa menggelar konferensi pers bagi kedua tim yang bertanding. Situasi begitu sulit sehingga kami fokus pada keamanan," papar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Ratusan suporter memang merangsek begitu liar hingga ke penjuru ruang dalam stadion. Aksi itu terjadi sebagai buntut kekecewaan Aremania atas melesetnya ekspektasi untuk melihat Arema FC memenangkan laga kontra Persib Bandung.

Rasa geram itu muncul akibat hasil minor Dendi Santoso dan kawan-kawan yang belum meraih kemenangan di empat pekan awal kompetisi. Saling lempar dan bentrok dengan polisi, menjadi suguhan ketika pertandingan sudah terhenti.

Atas insiden itu, Arema FC pun terancam sanksi berat Komdis (Komisi Disiplin) PSSI mulai denda besar hingga pertandingan tanpa penonton.

"Kami segera selesaikan urutan kronologis kejadian ini secara lengkap. Kami akan bertindak objektif mungkin, meski ada faktor kepemimpinan wasit atas insiden ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Arema FC hanya mampu bermain imbang kontra Persib Bandung dengan skor 2-2, pada laga pekan keempat Liga 1 2018 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4) malam WIB.

Arema FC unggul terlebih dahulu melalui Thiago Furtuoso pada menit ke-19. Persib akhirnya menyamakan kedudukan melalui Ezechiel N'Douassel pada menit ke-20.

Persib kemudian unggul melalui gol kedua Ezechiel N'Douassel pada menit ke-78. Arema FC akhirnya menyamakan kedudukan melalui Balsa Bozovic pada menit ke-87. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)