Perpindahan Federasi Shayne Pattynama Rampung, Bisa Bela Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 14 April 2023
Perpindahan Federasi Shayne Pattynama Rampung, Bisa Bela Timnas Indonesia
Ketum PSSI Erick Thohir bersama Shayne Pattynama. (Instagram.com/erickthohir)

BolaSkor.com - Perpindahan federasi pemain naturalisasi Shayne Pattynama sudah rampung. Pemain keturunan Indonesia itu berpindah federasi dari KNVB (Belanda) ke Indonesia (PSSI).

Dengan begitu, pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut, sudah bisa membela Timnas Indonesia. Namun, semua keputusan Shayne Pattynama dimainkan di Timnas Indonesia atau tidak, tergantung pelatih Shin Tae-yong.

"(Proses perpindahan federasi Shayne Pattynama) itu sudah (selesai)," kata Erick Thohir saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/4).

"Mestinya bisa (bermain) tergantung nanti akan dipilih atau tidak sama coach Shin (Tae-yong). Terus klubnya melepas atau tidak, mestinya melepas sih," tegas Erick Thohir.

Baca Juga:

Park Hang-seo Dikabarkan Gantikan Shin Tae-yong? Erick Thohir Klarifikasi

Legenda Timnas Indonesia Kritik Shin Tae-yong

Erick Thohir
Ketum PSSI Erick Thohir bersama Shayne Pattynama. (Istimewa)

Hal senada juga dijelaskan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Menurutnya, FIFA sudah menyetujui perpindahan federasi Shayne Pattynama.

"Seperti apa yang sudah dibilang Ketua Umum PSSI (Erick Thohir), pemain naturalisasi yang bernama Shayne Pattynama sudah beralih federasi. FIFA juga sudah memberikan rekomendasi, kita sudah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh FIFA soal pemain naturalisasi," kata Arya dalam pesan voice note di grup awak media.

"Selanjutnya untuk membela Indonesia, semua tergantung pelatih (Shin Tae-yong). Yang jelas, kita sudah mendapat surat dari KNVB bahwa Shayne tidak pernah masuk ke timnas Belanda (level A kompetisi). Jadi urusan naturalisasi Shayne Pattynama sudah rampung, dan bisa membela Indonesia," tambahnya.

Shayne Pattynama terdekat bisa membela Timnas Indonesia, pada laga FIFA Matchday melawan Palestina, Juni 2023 mendatang. Pemain keturunan Semarang itu kini membela klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Norwegia, yakni Viking FK.

Shayne Pattynama Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Arya Sinulingga Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.069

Bagikan