Persaingan Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi dalam Angka

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 08 Desember 2020
Persaingan Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi dalam Angka
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Sedari awal undian grup Liga Champions 2020-2021 dilakukan sorotan mata sudah tertuju kepada satu pertandingan, yakni duel antara Barcelona kontra Juventus yang bisa diartikan laga antara Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

Semenjak Ronaldo pergi dari Real Madrid pada 2018 pertemuannya dengan Messi semakin langka. Apabila tidak bertemu di Liga Champions maka pertemuan keduanya sulit terjadi karena tak lagi bermain di liga yang sama.

Pada bentrok pertama di Turin pada Oktober lalu Ronaldo tak bisa tampil karena virus corona (dan Juventus kalah). Kini jelang bentrok kedua tim Ronaldo dan Messi bisa saling bertemu kembali, meski laga nanti, Rabu (09/12) tak menentukan apapun karena kedua tim sudah lolos ke-16 besar.

Baca Juga:

Tak Perlu Diperdebatkan, Nikmati Performa Ronaldo dan Messi Selagi Bisa

750 Gol dalam Karier Cristiano Ronaldo

Lionel Messi Tidak Miliki Passion yang Sama seperti Diego Maradona

Barcelona vs Juventus (BolaSkor.com / Aji Wandi)

Tetap saja karena gengsi dua tim besar dan pertemuan Ronaldo vs Messi yang notabene bersaing jadi yang terbaik selama 15 tahun terakhir jadi sajian yang sulit dilewatkan.

Dalam angka Ronaldo dan Messi sudah saling bertemu satu sama lain dari 35 laga di antara klub (33 kali) dan negara (dua kali). Pertemuan reguler mereka dahulu sering terjadi di El Clasico (30 kali) dan Messi keluar sebagai pemenang dengan 16 kemenangan dan Ronaldo 10 kali (sisanya imbang).

Keduanya top skor masing-masing klub di Clasico: Messi 26 gol dan Ronaldo 18 kali (selevel dengan Alfredo Di Stefano). Dari segi gol Ronaldo sudah mencetak 648 gol sejak debut profesionalnya bersama Sporting Lisbon dalam 861 laga klub, sementara Messi 641 gol dari 744 laga Barcelona.

Bagaimana dengan pertemuan mereka di Liga Champions? Total mereka sudah bertemu lima kali, tiga kali kala Ronaldo membela Manchester United dan dua kali di El Clasico. Terakhir Ronaldo dan Messi jumpa pada semifinal Liga Champions 2010-2011 di Clasico. Berikut pertemuan tersebut.

1. Semifinal Liga Champions 2007-2008

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2007-2008

Pertemuan pertama Ronaldo dan Messi di Liga Champions terjadi pada semifinal Liga Champions 2007-2008. Barca imbang tanpa gol di Camp Nou dan Ronaldo gagal mencetak gol penalti. Pada leg kedua MU menang 1-0.

Bukan Ronaldo yang menjadi bintang melainkan legenda klub, Paul Scholes dengan tendangan kencangnya dari luar kotak penalti. MU ke final dan menjadi juara (mengalahkan Chelsea) melengkapi raihan double winners titel Premier League.

2. Final Liga Champions 2008-2009

Final Liga Champions 2008-2009

Tidak butuh waktu lama untuk Barcelona membalaskan dendam mereka di musim sebelumnya. Di final Liga Champions di Roma Italia, Barcelona menang 2-0 dan Messi mencetak gol kedua klub untuk menodai laga terakhir Ronaldo bersama MU.

Selepas laga itu Ronaldo pergi ke Real Madrid. "Kami, para pemain tidak tampil bagus, taktik tim juga tidak bagus," tutur Ronaldo setelah laga berakhir. "Segalanya berjalan dengan salah."

3. Semifinal Liga Champions 2010-2011

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di El Clasico

Dalam tajuk El Clasico Ronaldo dan Messi kembali bertemu di Liga Champions. Akan tapi kali ini Barcelona arahan Josep "Pep" Guardiola masih terlalu tangguh untuk Madrid besutan Jose Mourinho.

Madrid kalah 0-2 di leg satu di Santiago Bernabeu dari dua gol Messi dan imbang 1-1 di Camp Nou. Barca ke final dengan agregat gol 3-1 dan mengalahkan MU dengan skor 3-1 untuk kemudian juara Liga Champions.

Breaking News Trivia Sepak Bola Cristiano Ronaldo Messi Lionel Messi Liga Champions Juventus Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan