BolaSkor.com - Meski Belgia sudah memastikan tiket ke babak 16 besar, pertandingan ketiga Grup B yang digelar Selasa (22/) dini hari WIB, masih akan sengit. Masih ada satu tiket dan posisi puncak yang masih akan ditentukan.

Belgia masih bercokol di puncak klasemen sementara Grup B dengan nilai enam dari dua kemenangan. Rusia ada di posisi kedua dengan raihan tiga poin, di susul Finlandia (3), dan Denmark yang masih nirpoin.

Dengan dua kemenangan yang dikantongi, Belgia sudah menggaransi satu tempat di babak 16 besar. Namun, Setan Merah belum memastikan posisi mereka di puncak grup. Pasalnya Finlandia memiliki peluang menjadi pemuncak klasemen jika mampu menang dengan skor telak atas Belgia.

Baca Juga:

Cara Menentukan Peringkat Tiga Terbaik pada Piala Eropa 2020

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Babak Grup Piala Eropa jika Poin Sama

Skenario Persaingan Tiket 16 Besar Piala Eropa 2020 di Tiap Grup

Lalu bagaimana dengan peluang dua tim pada laga lain, Rusia dan Denmark? Kedua tim masih memiliki peluang. Dari keduanya, tentu saja peluang Rusia untuk lolos lebih besar.

Sementara Denmark meski sudah menelan dua kekalahan juga masih bisa lolos asalkan mampu mengalahkan Rusia dan berharap Finlandia dikalahkan Belgia. Dengan skenariop ini, Denmark akan lolos sebagai runner up grup.

Hitungan Peluang Grup B

Belgia

Belgia hanya butuh hasil imbang di laga terakhir melawan Finlandia menjadi pemuncak klasemen Grup B.

Romelu Lukaku dan kawan-kawan dapat kehilangan status juara grup jika kalah dan Rusia gagal mengalahkan Denmark. Atau Rusia menang dan Belgia kalah dengan tiga atau empat gol.

Belgia bahkan bisa saja turun ke posisi ketiga. Hal ini terjadi jika Belgia kalah setidaknya enam gol dari Finlandia dan Rusia menang atas Denmark.


Rusia

Rusia akan menjamin tiket 16 besar dengan kemenangan atas Denmark. Rusia juga akan lolos sebagai runner up Grup B dengan hanya bermain imbang dengan Denmark, asalkan Finlandia imbang melawan Belgia.

Posisi kedua grup adalah yang tertinggi bagi Rusia, pasalnya mereka kalah head to head dari Belgia.


Finlandia

Finlandia bisa lolos sebagai juara grup jika menang 3-0 atas Belgia, tak peduli hasil Rusia melawan Denmark.

Jika kalah dan Rusia menang atau seri, Finlandia harus menunggu apakah tiga poin cukup untuk menjadi tim ketiga terbaik.


Denmark

Meski berada di dasar klasemen, Denmark masih bisa lolos. Syaratnya Denmark harus mengalahkan Rusia dan berharap Finlandia kalah dari Belgia. Dengan hasil seperti itu Denmark bisa menjadi runner up grup.

Mereka juga bisa finis di posisi ketiga jika menaklukan Rusia, dan di tempat lain Finlandia menang atau seri dari Belgia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini