BolaSkor.com - Liga Champions 2019-20 memasuki laga kelima fase grup. Peta persaingan di beberapa grup masih berjalan ketat.

Hingga memasuki matchday kelima, baru tiga klub yang dipastikan melaju ke babak 16 besar dan tiga lainnya dipastikan tersingkir. Tiga klub yang sudah lolos adalah Juventus, Bayern Munich dan Paris Saint-Germain (PSG). Sedangkan Galatasaray, Genk, dan Lille sudah terdepak.

Baca Juga:

Lionel Messi dan 9 Pemain dengan Jumlah Percobaan Mendribel Lawan Terbanyak Sejak Musim 2006-07

Kenang Comeback Lawan Barcelona, Sadio Mane Sebut Peran Penting Jurgen Klopp

Barcelona Masih Belum Tahu Masa Depan Lionel Messi

PSG kokoh di puncak Grup A dengan raihan sempurna dari empat laga. Koleksi 12 poin sudah cukup memastikan tiket ke 16 besar. Sementara Real Madrid dengan sisa dua laga berpeluang besar menemani PSG.

PSG sukses memetik poin penuh di empat pertandingan. Mengantongi 12 poin, matchday kelima dan keenam tidak akan menjegal langkah mereka untuk melaju ke fase gugur dengan keunggulan lima poin atas peringkat ketiga Club Brugge.

Di Grup B Bayern Munich sudah pasti melaju ke babak 16 besar dengan koleksi 12 poin. Bayern bisa ditemani finalis musim lalu Tottenham Hotspur jika mereka mengalahkan Olimpiakos.

Beralih ke Grup C, Manchester City membuang peluang mengunci tiket 16 besar karena pada laga terakhir hanya imbang 1-1 dengan Atalanta. Meski begitu City hanya butuh tambahan satu poin untuk lolos ke babak 16 besar. Persaingan ketat terjadi untuk memperebutkan satu tiket lain. Bahkan Atalanta yang baru meraih satu poin masih punya peluang lolos jika mereka memenangi dua laga sisa.

Juventus menjadi klub berikut yang sudah memastikan tempat di 16 besar. Mewakili Grup D, Juventus lolos setelah mengumpulkan 10 poin. Sedangkan Atletico berpeluang besar meraih tiket 16 besar karena unggul empat poin atas Lokomotif Moskow dan Bayer Leverkusen.

Persaingan sengit tersaji di Grup E. Juara bertahan Liverpool yang menjadi pemuncak klasemen dengan raihan sembilan poin akan lolos jika mampu memenangi satu dari dua laga sisa. Sedangan Napoli yang unggul empat poin dari Red Bull Salzburg memiliki kesempatan mendampingi Liverpool.

Sementara di Grup F, duel Barcelona melawan Borussia Dortmund akan menjadi penentu. Barcelona akan lolos jika mampu menaklukkan Dortmund di Camp Nou. Barcelona, Dortmund, dan Inter Milan masih akan bertarung ketat memperebutkan dua tiket 16 besar.

Di Grup G, RB Leipzig hanya memerlukan satu kemenangan dari dua laga sisa untuk melaju ke babak 16 besar. Sedangkan Lyon juga akan lolos jika pada laga berikut mereka mampu membekuk Zenit St Petersburg.

Dari empat penghuni Grup H, hanya Lille yang sudah dipastikan terbuang. Sementara tiga penghuni lainnya, Ajax, Chelsea, dan Valencia sama-sama mengoleksi tujuh poin dan hanya dipisahkan produktivitas gol. Dengan dua laga tersisa, ketiga tim tersebut harus saling bunuh demi dua posisi teratas.


Tiga Klub Besar Terancam

Jika melihat persaingan jelang matchday kelima, ada tiga klub besar yang terancam tersingkir.

1. Inter Milan

Wakil Italia ini terancam gagal lolos ke babak 16 besar. Inter yang mengantongi empat poin dari empat pertandingan tertinggal empat poin dari pemuncak grup Barcelona dan tiga poin dari Borussia Dortmund yang ada di posisi kedua.

Pada dua laga sisa, Inter akan menghadapi Slavia Praha dan Barcelona. Dari dua pertandingan tersisa, peluang terbaik Inter untuk meraih poin penuh hanya saat tandang ke Slavia Praha.


2. Benfica

Raksasa Portugal Benfica hanya mampu mendulang tiga poin dari empat laga dan menjadi juru kunci Grup G. Benfica tertinggal enam poin dari Leipzig yang berada di puncak klasemen dan tertinggal empat angka dari Lyon yang berada di posisi kedua.


3. Chelsea

Di antara wakil Premier League, Chelsea bisa dikatakan yang paling rawan. Di Grup H Chelsea saat ini menempati posisi dua dengan koleksi tujuh poin. Chelsea hanya kalah produktivitas gol dari Ajax di posisi 1 dan Valencia di tangga ketiga.

Di matchday kelima, Chelsea akan menantang Valencia di Estadio Mestalla. Pemenang dari duel ini akan meraih tiket ke 16 besar. Sedangkan yang kalah dari laga ini akan bersaing dengan Ajax. Persaingan akan makin menarik jika laga Valencia dan Chelsea berakhir imbang.

Jika Chelsea takluk dari Valencia dan di pertandingan lainnya Ajax kalahkan Lille, The Blues bakal turun satu posisi di Grup H. Chelsea masih bisa lolos jika di laga terakhir mengalahkan Lille dan berharap Ajax dan Valencia tidak berbagi poin.