Persaingan Zona Degradasi Liga 1, Pelatih PSS: Psikologis dan Mental Berbicara

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 26 Maret 2022
Persaingan Zona Degradasi Liga 1, Pelatih PSS: Psikologis dan Mental Berbicara
PSS Sleman. (LIB

BolaSkor.com - Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede Swisantoso menilai faktor psikologis dan mental sudah berbicara dalam upaya menghindari zona degradasi Liga 1 2021/2022. Kemenangan atas Persela Lamongan 3-2, Kamis (24/3) malam, sangat disyukurinya.

PSS termasuk tim paling tertekan dalam persaingan zona degradasi. Pasalnya, dalam enam partai terakhir, tim Elang Jawa tak meraih kemenangan sama sekali.

Akibat dari rangkaian hasil jeblok itu, PSS yang awalnya unggul 9 poin dari Persipura justru terpangkas menjadi 3 poin. Situasi ini yang membuat posisi PSS masih terancam.

Baca Juga:

Bek Arema FC Belajar dari Andrea Pirlo soal Tendangan Bebas

Kemenangan atas TIRA-Persikabo Bukti Komitmen Arema FC Sapu Bersih Laga Sisa

Kemenangan atas Persela 3-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, memperpanjang napas, disaat dua pesaing lain, Persipura dan Barito Putera juga meraih kemenangan yang sama.

"Paling tidak saya sukai pertandingan ini karena situasi berat banget, tapi saya apresiasi para pemain. Ini momen yang sangat berat, sudah psikologis dan mental yang berbicara, karena ekspektasi dan tekanan di klasemen. Saya bersyukur para pemain bisa tahan (dengan situasi). Terima kasih buat para pemain," kata Putu Gede.

Kemenangan ini menjadi penambah mental dan soliditas tim, menatap partai terakhir melawan Persija Jakarta. Laga ini akan dihelat pada Kamis (31/3/22), berbarengan dengan partai Persipura dan Barito Putera.

Putu Gede menyebut beberapa sesi latihan akan dimanfaatkan untuk membenahi kekurangan melawan Persela. Ada beberapa hal yang menjadi catatan pelatih untuk dituntaskan dalam empat sesi latihan.

"Kita akan perbaiki kesalahan fundamental. Ada beberapa kesalahan secara organisasi permainan. Kita akan coba benahi itu, baik saat bertahan, menyerang maupun transisi," tutur Putu Gede.

"Mudah-mudahan bisa segera teratasi, segera ada solusi dan perbaikan. Saya yakin tanggal 31 nanti bisa menentukan permainan yang lebih baik dari pertandingan lawan Persela. Paling penting sekarang sudah ada ada mental untuk menang. Soliditas grup juga bagus," imbuh Putu Gede.

PSS Sleman kini mengoleksi 36 poin, diikuti Barito Putera dengan 35 poin dan Persipura Jayapura dengan 33 poin. Untuk lolos degradasi, PSS butuh satu poin saja.

Sementara jika PSS kalah dari Persija dan saat bersamaan Persipura menang atas Persita Tangerang, mereka akan juara meski sama-sama mengoleksi 36 poin. PSS kalah head to head dari Persipura.

Namun, situasi bisa berbeda ketika Barito Putera meraih hasil imbang kontra Persib dan mengoleksi 36. Dari hitung-hitungan head to head ketiga tim, Persipura menduduki peringkat terbawah. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

PSS Sleman Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan