Persatuan Judo Eropa Sebut 'Kuncian' Sergio Ramos Ilegal

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 31 Mei 2018
Persatuan Judo Eropa Sebut 'Kuncian' Sergio Ramos Ilegal
Ketika Sergio Ramos (kiri) menjatuhkan Mohamed Salah. (ZImbio)

BolaSkor.com - Mohamed Salah menderita cedera pada bahunya selepas "bergulat" dengan Sergio Ramos ketika Liverpool menghadapi Real Madrid di final Liga Champions, akhir pekan lalu.

Tak sedikit yang menyalahkan tindakan Ramos yang mengepit lengan Salah saat jatuh. Tapi tak sedikit juga yang menyalahkan Salah yang salah dalam teknik menjatuhkan dirinya.

Pendapat menarik muncul dari European Judo Union atau Persatuan Judo Eropa. Dalam sebuah kicauan di akun Twitter europeanjuda. mereka menyebut Ramos sudah menggunakan teknik Waki-gatame. Sebuah teknik yang berbahaya, saking bahayanya teknik ini tidak diperbolehkan alias ilegal dalam judo.

Sementara itu seorang analis beladiri, Robin Black memiliki pendapat sendiri soal tindakan Ramos.

"Apa kunci dari bantingan ini? Kuncinya adalah cengkeraman di lengan bawah. Itu adalah dasar dari kendali. Tarik lengan dari kendali pergelangan tangan alu memperlebar siku untuk memaksa tubuh mengikuti dan mengatur langkah untuk menyelesaikan gerakan, menggunakan momentum yang dibuat."

"Hasilnnya sanga buruk. Semua berat dan kekuatan Salah turun pada radius dan ulna, yang merupakan tulang kecil. Dampaknya besar. Wasit perlu melindungi atlet-atlet ini," papar Black.

Breaking News Final liga champions Mohamed Yattara Sergio Ramos
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan