Persebaya Andalkan Kiper Minim Pengalaman Kontra PSIS

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 02 Oktober 2021
Persebaya Andalkan Kiper Minim Pengalaman Kontra PSIS
Andhika Ramadhani. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya dalam kondisi krisis penjaga gawang saat menghadapi PSIS Semarang pada lanjutan seri pertama Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang besok malam. Dua kiper Persebaya, Satria Tama dan Ernando Ari Sutaryadi dipastikan absen. Situasi ini memaksa tim asal Kota Pahlawan tersebut menurunkan dua kiper yang minim pengalaman bermain di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Saat ini, kiper utama Persebaya yaitu Satria Tama didera cedera yang memaksanya absen lebih lama. Posisinya lantas digantikan oleh Ernando. Namun, kiper asli Semarang tersebut mendapat panggilan timnas Indonesia yang mempersiapkan diri menyambut laga playoff Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Thailand (7/10) mendatang.

"Memang dengan cederanya (kiper utama) Satria Tama, kiper cadangan Ernando Ari yang ke timnas. Sekarang jadi ada dua kiper," kata pelatih Persebaya Aji Santoso.

Baca Juga:

Tiga Pemain ke Timnas, Target Arema FC Tak Berubah Hadapi Persela

Winger Dewa United FC Anggap Laga Melawan Perserang seperti Final

Praktis, pilihan pelatih tersisa pada nama Andhika Ramadhani dan kiper baru David Aryanto. Andhika merupakan produk dari kompetisi internal Persebaya yang baru dipromosikan pada tahun 2020 minim pengalaman di kompetisi kasta tertinggi. Namun diklaim terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Harapannya, di masa depan dia bisa menjadi andalan Green Force.

Sementara itu, David juga dapat dibilang minim menit bermain di kompetisi Liga 1. Kiper berpostur 188 cm tersebut memang pernah membela Sriwijaya FC, Persiwa Wamena, PSM Makassar, Borneo FC hingga Kalteng Putra. Namun, dari data transfermarkt, penjaga gawang 34 tahun tersebut hanya mencatatkan total bermain delapan kali sepanjang karir profesionalnya.

Pada musim 2019 bersama Kalteng Putra di Liga 1, David mencatatkan 5 penampilan dengan 9 kali kebobolan dan sekali clean sheet. Di musim 2020, dia membela PSMS Medan yang berkompetisi di Liga 2. Hanya saja, belum sempat bermain lantaran kompetisi dihentikan akibat pandemi COVID-19 yang melanda.

"Dia skill sudah ada. Pengalaman juga banyak. Pas kalau kondisi mendadak seperti sekarang. Jadi tidak perlu waktu banyak untuk mengasah skillnya," ujar pelatih kiper Persebaya Benyamin Van Breukelen.

Meski begitu, Aji mengaku belum mengambil keputusan siapa kiper yang akan diturunkan untuk menghadapi Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS. Pelatih 51 tahun tersebut menyatakan akan menurunkan komposisi dan taktik yang berbeda. "Untuk pertandingan lawan PSIS, akan kami tentukan besok siapa kira-kira yang akan main menjadi kiper di starting eleven," pungkasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 PSIS Semarang
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan