BolaSkor.com - Kekuatan Persebaya Surabaya di Piala Menpora 2021 berkurang jelang babak delapan besar. Bukan karena cedera maupun akumulasi. Salah satu pemain Persebaya sejak 2017, Abu Rizal Maulana memutuskan mundur dari tim.

Kabar mengejutkan diterima skuad Persebaya sebelum melakoni laga pamungkas Grup C melawan PSS Sleman. Nama Abu Rizal mendadak tidak ada pada daftar susunan pemain Persebaya kontra PSS. Padahal di laga-laga sebelumnya, nama pemain berusia 26 tahun selalu menghiasi line up Bajol Ijo.

Dari penelusuran BolaSkor.com, Abu Rizal ternyata sudah menyampaikan pengunduran diri ke manajer Persebaya Candra Wahyudi dan pelatih Aji Santoso. Pemain serba bisa itu berpamitan usai latihan di lapangan sintetis Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung (6/4).

Baca Juga:

Hasil Seri Kontra Persela Terasa Menyakitkan bagi Persik

Marselino Ferdinan, Eks Timnas U-16 Jalani Debut bersama Persebaya

Tidak diketahui pasti alasan pemain kelahiran 27 Agustus 1994 itu berpamitan dengan klub yang membesarkan namanya. Diduga, pemain yang akrab disapa Rodeg itu mundur karena merasa tenaganya sudah tidak dibutuhkan lagi oleh Persebaya. Apalagi di posisi bek kanan, Aji selalu mengandalkan Koko Ari Araya.

Padahal, Aji Santoso berencana menurunkan pemain asal Kabupaten Sampang tersebut sejak awal. “Saya sudah sampaikan kalau dia akan jadi starter. Dan bilangnya siap. Tapi setelah latihan ternyata Abu Rizal pamit mundur,” ungkap Aji.

Dengan mundurnya Rodeg, maka Aji Santoso harus mengubah susunan pemain. Alhasil, Mokhamad Syaifuddin mengisi posisi bek kanan, sementara Koko Ari Araya diistirahatkan.

“Karena situasi ini, Syaifuddin jadinya saya masukan sejak awal. Padahal, rencana awal Syaifuddin akan masuk sebagai pengganti,” kata pelatih berusia 51 tahun itu.

Kondisi ini membuat tim asal Kota Pahlawan itu jadi memiliki 24 pemain di Piala Menpora 2021. Aji sendiri belum berencana mendatangkan pemain untuk melengkapi komposisi skuad Persebaya. Lagi pula, Persebaya memiliki pemain yang tidak diboyong ke Bandung, yakni Zulfikar Akhmad Medianar Arifin. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)