Persebaya Menang Dramatis atas Borneo FC, Perubahan di Babak Kedua Jadi Kunci

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 03 Februari 2023
Persebaya Menang Dramatis atas Borneo FC, Perubahan di Babak Kedua Jadi Kunci
Selebrasi gol Persebaya lewat Sho Yamamoto. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya berhasil memperpanjang kemenangan di Liga 1 2022/2023 menjadi lima kali beruntun. Kali ini tim asal Kota Pahlawan menang dramatis 3-2 atas Borneo FC Samarinda pada pekan ke-22 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jumat (3/2).

Dalam pertandingan ini, Persebaya tertinggal lebih dulu setelah di paro pertama bermain imbang tanpa gol. Adalah Matheus Antonio de Sousa Santos yang membawa Borneo FC memimpin lebih dulu pada menit ke-57. Persebaya lantas membalas lewat Sho Yamamoto di menit ke-79.

Bajol Ijo berbalik unggul lewat Altalariq Erfa Aqsal Ballah ketika laga memasuki menit ke-83. Tak lama berselang, pemain belakang Pesut Etam, julukan Borneo FC, Agung Prasetyo membuat skor sama kuat 2-2. Beruntung, gol telat winger Ahmad Nufiandani memastikan Persebaya mengamankan tiga poin.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan bahwa laga berjalan penuh dengan agresifitas. Dia bahkan menunjukkan ekspresi kegembiraan dengan merayakan gol.

Baca Juga:

Persija dan Persib Kejar-kejaran di Puncak Klasemen, Thomas Doll Tak Peduli

Tekuk RANS Nusantara 3-1, Persija Kembali ke Puncak

"Tentu ini kemenangan dramatis. Kami tertinggal 1-0. (Kemudian) menyamakan kedudukan, berbalik leading (unggul), kembali disamakan dan di menit akhir (cetak gol) yang buat dramatis," kata Aji Santoso dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Pelatih berusia 52 tahun itu mengakui, kemenangan ini diraih berkat permainan M. Alwi Slamat dkk. yang cukup agresif. Aji Santoso membeberkan kunci keberhasilan mengamankan tiga poin atas Borneo FC berkat perubahan komposisi pemain di babak kedua.

"Saya apresiasi pemain yang gigih mengejar ketertinggalan. Perubahan komposisi di babak kedua membuat Persebaya agresif, mendominasi dan sukses. Saya geser (posisi) Alwi ke tengah, jadi central," ungkap Aji Santoso.

"Saya gunakan dua gelandang serang Ze Valente dan si Mbah (Denny Agus Setiawan). Alhamdulillah (permainan) kami lebih agresif dan berhasil memenangkan pertandingan ini," tambah pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

Sementara itu, Altalariq Erfa Aqsal Ballah mengatakan keberhasilan tim kebanggaan Bonek meraih tiga poin karena motivasi dari Aji Santoso. Menurutnya, pelatih berlisensi AFC Pro itu selalu meminta para pemain untuk tetap fight hingga peluit akhir berbunyi.

"Alhamdulillah kami dapat tiga poin. Walau sempat tertinggal tapi Coach Aji Santoso sering bilang di latihan kalau dalam posisi tertinggal tetap fight karena waktu sekecil apapun pasti bisa (cetak gol) kalau kita bekerja keras," kata Alta Ballah.

Lebih lanjut dia mempersembahkan gol perdananya bersama Persebaya untuk keluarga dan Bonek. "Gol ini buat keluarga, suporter yang sudah mendukung Persebaya sampai menit terakhir. Sebenarnya paling penting tim dapat tiga poin, dan sekarang kami perlu fokus untuk laga selanjutnya," tegasnya.

Hasil ini membuat Persebaya masih bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara sekaligus menjaga tren positif kemenangan di lima pertandingan terakhir. Bahkan, mereka tidak kalah dalam tujuh laga terakhir. Selanjutnya, Persebaya akan meladeni PSIS Semarang pada Rabu (8/2) mendatang. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News Borneo FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan