BolaSkor.com - Jumlah pemain yang meninggalkan Persebaya Surabaya jelang Piala Menpora 2021 bertambah. Kekuatan tim asuhan Aji Santoso tereduksi setelah memutuskan mengakhiri kerja sama dengan empat pemain. Mereka dicoret berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi tim pelatih.

Sebelumnya, empat pemain asing lebih dulu tidak lagi berkostum Persebaya yakni Aryn Glen Williams, Makan Konate, Mahmoud Eid, dan David Aparecido da Silva. Disusul kemudian kiper Angga Saputro, pemain lokal pertama yang memutuskan hengkang dari Persebaya. Angga diketahui berlabuh di Borneo FC dengan durasi dua musim.

Terbaru, kiprah kiper Rivky Mokodompit, bek naturalisasi Zoubairou Garba, pemain serba bisa Nasir, dan winger Bayu Nugroho tidak berlanjut bersama Persebaya. Keempat pemain tersebut diperkenankan bergabung dengan klub lain.

Baca Juga:

Direktur Persib Angkat Bicara soal Keputusan Omid Nazari Mundur

Otavio Dutra Incar Gelar Juara Piala Menpora 2021 bersama Persija

Keputusan pelepasan ini, kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya, berdasarkan hasil pertemuan antara manajemen dengan tim pelatih, Senin (22/2) lalu. Pada pertemuan tersebut, tim pelatih memang memberikan hasil evaluasi dan rekomendasi.

"Ini lebih pada kebutuhan tim saja. Bukan pada persoalan skill atau yang lainnya. Kepada mereka berempat, kami sampaikan terimakasih. Atas dedikasi dan kebersamaan dengan Persebaya selama ini," terang Candra. "Kami sengaja sampaikan sejak sekarang, agar teman-teman pelatih bisa segera mencari klub," tambahnya.

Keempat pemain ini, sebetulnya baru bergabung di Persebaya musim ini. Ketiganya direkrut pada akhir Januari 2020. Tepatnya saat Persebaya menjalani pemusatan latihan di Yogjakarta. Zoubairou, Nasir dan Rivky Mokodompit langsung bergabung ke sana. Sedang Bayu Nugroho, berangkat dari Solo.

Di sisi lain, Aji tak memberikan alasan lebih jauh terkait keputusan melepas keempat pemain tersebut. Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu menyebutkan keputusan itu usai berkomunikasi dengan manajemen Bajol Ijo. Dia juga enggan berbicara lebih jauh mengenai kebutuhan mencari pemain pengganti. "Kita lihat saja nanti," kelitnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)