Persebaya Surabaya Tak Risau Regulasi Pemain U-20

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 18 Juni 2020
Persebaya Surabaya Tak Risau Regulasi Pemain U-20
Mochamad Supriadi. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Wacana lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dengan memainkan pemain U-20 tak membuat Persebaya Surabaya risau. Tim asal Kota Pahlawan ini setidaknya memiliki tujuh pemain berusia dibawah 20 tahun dalam skuad musim ini.

Musim ini, Bajul Ijo, julukan Persebaya banyak mengandalkan pemain-pemain muda. Beberapa di antara mereka sukses mencuri perhatian saat turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 lalu. Termasuk dua laga awal Persebaya di Liga 1 saat melawan Persik Kediri dan Persipura Jayapura.

Persebaya sebenarnya sering mengandalkan pemain muda. Dalam skuad Persebaya musim ini terdapat tujuh pemain yang berusia maksimal 20 tahun, Ernando Ari Sutaryadi (18), Koko Ari Araya (20), Rahmad Irianto (20), Rizky Ridho Ramadhani (18), Zulfikar Akhmad Medianar Arifin (19), Muhammad Hambali Tolib (19), dan Mochamad Supriadi (18).

Baca Juga:

Pasca Swab Test, Arema FC Lega Dua Pemainnya Negatif Virus Corona

Exco PSSI Ungkap Kelanjutan Liga 1 Akan Berakhir Bulan Maret

Berjubelnya pemain-pemain muda itu membuat penyerang sayap Persebaya Bayu Nugroho menyambut baik wacana agar klub memainkan pemain muda U-20. Ia juga tak khawatir jika wacana tersebut menjadikan persaingan di Persebaya semakin ketat.

"Bagus bisa memberi kesempatan dan jam terbang bagi para pemain muda. Kalau soal ketatnya persaingan di tim, itu hal yang wajar," sebut Bayu. "Setiap pemain pasti akan berusaha memberikan yang terbaik dan pengen bisa berkontribusi dengan selalu menjadi starter," tambahnya.

Penggunaan pemain U-20 juga sejalan dengan karakter pelatih Aji Santoso. Sebab ia memiliki misi mengorbitkan pemain-pemain tersebut agar bisa bersinar di masa yang akan datang.

"Intinya, secara pribadi saya sangat setuju," kata pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. "Saya sangat support dengan pemain muda untuk bisa tampil," sambung pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang ini.

Sebelumnya, Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) dalam rapat virtual dengan PSSI menyampaikan usulan agar klub memainkan pemain U-20. Tujuannya untuk kepentingan Timnas Indonesia. "Itu sebuah solusi agar pemain muda mendapatkan jam terbang," tegas Aji.

Timnas Indonesia U-20, yang kini masih dalam fase pembentukan Timnas Indonesia U-19, akan menghadapi dua kejuaraan penting dalam waktu dekat, yakni Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Kebutuhan tersebut membuat para pemain usia muda perlu jam terbang. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Timnas Indonesia U-19 Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan