BolaSkor.com - Persebaya Surabaya memastikan pemain andalannya Marselino Ferdinan belum bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 atau U-20. Tenaga wonderkid berusia 17 tahun itu masih dibutuhkan Persebaya untuk menghadapi PSS Sleman dan Bali United.

Seperti diketahui, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan persiapan Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Ada empat pemain Persebaya yang dipanggil timnas, yaitu kiper Aditya Arya, dua gelandang yakni Wahyudi dan Marselino Ferdinan serta striker M. Widi Syarief. Latihan ini dilaksanakan di Jakarta mulai 25 Agustus hingga 6 September mendatang.

Hanya saja, Persebaya masih enggan melepas Marselino. Manajemen tim asal Kota Pahlawan tersebut telah mengirim surat ke PSSI untuk meminta waktu Marselino tetap di klub hingga setelah menghadapi Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo, 2 September mendatang.

Baca Juga:

Frengky Missa Sudah Punya Bekal Gabung Timnas Indonesia U-19

Persib Sumbang 3 Pemain untuk Timnas U-19, Budiman Soroti Robi Darwis

"Saya sudah menyampaikan kepada manajemen yang sudah berkirim surat ke PSSI untuk paling tidak Marselino bisa bertahan di sini melawan Bali United. Apalagi setelah itu mereka TC di Surabaya," beber pelatih Persebaya Aji Santoso.

Pada kesempatan terpisah, manajer Persebaya Yahya Hasan Alkatiri mengatakan telah berkirim surat ke federasi terkait Marselino. Dia berharap kebijakan PSSI karena tenaga pemain bernomor punggung 7 itu dibutuhkan Bajol Ijo.

"Belum ada jawaban PSSI, diminta menunggu keputusannya. PSSI pasti bijak dalam memutuskan hal ini. Intinya meminta Marselino keberangkatannya ditunda sampai tanggal 3 September," kata Yahya.

Bukan tanpa alasan Persebaya berupaya menahan Marselino. Pasalnya, dua gelandang tim kebanggaan Bonek ini tengah berkutat dengan cedera. Mereka adalah pemain asing Higor Vidal dan gelandang muda Brylian Negietha Dwiki Aldama. Keduanya menepi untuk waktu yang lama.

"Marselino (dibutuhkan) karena gelandang kami masih ada yang cedera. Apalagi (TC) awal-awal (masih) ada seleksi, saya melihat masih ada 38 pemain," ungkap mantan manajer Elite Pro Academy Persebaya tersebut.

Kemampuan adik kandung pemain PSIS Semarang, Oktafianus Fernando, itu memang cukup vital bagi Persebaya. Buktinya, dia menjadi penentu kemenangan Persebaya saat bentrok dengan PSIS kemarin (23/8). Bahkan musim lalu Marselino tampil 24 kali dan mencetak empat gol serta tujuh assists. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)