Liga 1

Persebaya Vs Persis, Duel Hidup Mati Terhindar Zona Degradasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 13 Desember 2023
Persebaya Vs Persis, Duel Hidup Mati Terhindar Zona Degradasi
Karteker Persebaya Surabaya Uston Nawawi bersama bek Riswan Hi Lauhin dalam sesi jumpa pers jelang laga menjamu Persis Solo.(BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya mengusung misi untuk segera menjauh dari ancaman zona degradasi Liga 1 2023/2024. Mereka hanya terpaut tiga poin dari Arema FC yang berada di bibir jurang degradasi.

Terpuruk di papan bawah klasemen membuat Persebaya membidik tiga poin dari tamunya, Persis Solo. Kemenangan menjadi harga mati bagi Persebaya saat melakoni laga tunda pekan ke-18 di Stadion Gelora Bung Tomo (13/12) petang agar mentas dari papan bawah klasemen.

Secara statistik, Persebaya dan Persis memiliki kemiripan. Dari posisi di klasemen, keduanya masih berjibaku di papan bawah. Persebaya peringkat ke-14, satu strip di bawahnya adalah Persis. Juga sama-sama mengoleksi 24 poin.

Persebaya sudah satu bulan menjalani aktivitas tanpa pelatih kepala. Mereka masih dipimpin karteker Uston Nawawi. Di sisi lain, asisten pelatih Persis Tithan Wulung ditunjuk sebagai karteker menggantikan Leonardo Medina yang diistirahatkan.

Baca Juga:

Leonardo Medina Lengser, Persis Solo Dipimpin Tithan Suryata Hadapi Persebaya

Persis Depak Leonardo Medina dari Kursi Pelatih, Bakal Jadi Dirtek?

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Kami siap dan berjuang untuk pertandingan ini. (Persebaya) tidak terpengaruh dengan kondisi Persis seperti apa. Yang penting kami buktikan di lapangan. Situasi mereka bukan keuntungan buat kami," ungkap karteker Persebaya Uston Nawawi.

Kondisi yang dialami Persebaya sejatinya lebih parah karena telah melewati tujuh laga terakhir tanpa kemenangan, hanya meraih tiga seri dan empat kalah. Kali terakhir Bajol Ijo menang terjadi atas Arema FC dengan skor 3-2 pada 23 September.

Karena itu, Uston Nawawi menggaungkan kemenangan. Apalagi animo pendukung fanatik Persebaya tengah menurun imbas catatan negatif tersebut.

"Ya, semua ini ada hukum sebab akibat. Kalau prestasi tim turun ya suporter animonya juga menurun. Itu wajar. Mudah-mudahan kita cepat bangkit," tegasnya.

Beruntung, meski berstatus laga tunda, Persebaya dapat menurunkan pemain-pemain barunya. Uston Nawawi menyebutkan kondisi para pemain Persebaya sudah fit semua.

"Para pemain Persebaya yang baru Insya Allah bisa main semua. Kita lihat (di lapangan). (Siapa) starter dan yang masuk line up," ujar Uston Nawawi.

Dia juga mengaku tak risau meski Laskar Sambernyawa diperkuat mantan idola Persebaya, winger Sho Yamamoto. Pemain asal Jepang itu dipercaya dapat menjadi kunci permainan Persis lantaran cukup mengenal cara bermain Persebaya.

"Sama saja dengan (menghadapi) tim yang lain. Kita tidak memikirkan satu atau dua pemain (lawan). Tapi yang terpenting adalah (menghentikan) pemain secara tim," pungkas Uston Nawawi. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Persis Solo Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.092

Bagikan