Persiapan Pra POPNAS, Dispora DKI Jakarta Gelar Seleksi Tim Basket Putri

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 18 Juli 2022
Persiapan Pra POPNAS, Dispora DKI Jakarta Gelar Seleksi Tim Basket Putri

BolaSkor.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta menggelar seleksi atlet untuk tim basket putri DKI Jakarta. Seleksi yang digelar Sabtu dan Minggu, 16-17 Juli 2022, dilakukan dalam rangka persiapan tampil di Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Lampung, Oktober 2022 mendatang.

Seleksi yang baru pertama kali dilakukan Dispora ini dikhususkan bagi pelajar putri yang bersekolah di DKI Jakarta. Dispora DKI Jakarta sebagai penyelenggara seleksi menggandeng Perbasi DKI Jakarta khususnya dalam meminta masukan terutama dari hal database atlet.

Wendijanto, Wakil Ketua Umum Perbasi Jakarta Bidang Pembinaan Prestasi, mengatakan bahwa Perbasi Jakarta sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seleksi atlet pelajar putri untuk DKI Jakarta menghadapi Pra POPNAS di Lampung mendatang. Apresiasi terhadap Kadispora khususnya, yang telah memberikan ruang dan memfasilitasi segala proses seleksi. Mulai dari pelatih hingga lapangan basket pun tetap digelar di PPOP Ragunan.

Proses seleksi ini memang sepenuhnya difasilitasi oleh Dispora DKI Jakarta melalui PPOP DKI Jakarta di Ragunan. Namun, Dispora DKI Jakarta tetap mengajak Perbasi DKI Jakarta untuk berkolaborasi.

Ajakan tersebut tentunya disambut baik Perbasi DKI Jakarta yang sebisa mungkin aktif, khususnya memantau jalannya proses seleksi. Namun, Perbasi DKI Jakarta dengan tegas menyatakan tidak mengintervensi apa pun keputusan dan hasil seleksi yang dilakukan tim dan pelatih.

"Hasil seleksi ini tentunya kembali lagi kepada kewenangan pelatih atau tim seleksi yang ada di lapangan. Kami percayakan penuh kepada Coach Cecep untuk memilih pemain mana yang sesuai dengan pola permainan, taktik, dan strategi yang dia miliki," ungkap Wendi.

"Perbasi DKI Jakarta memberikan ruang kepada Coach serta tim kepelatihan dan seleksi untuk sebaik mungkin memilih pemain yang dianggap pantas dan layak mewakili DKI Jakarta dalam kesempatan ini," lanjutnya.

Pada proses seleksi ini, Perbasi DKI Jakarta menyerahkan 52 nama atlet basket putri untuk diseleksi oleh Dispora dan tim seleksi. Usulan 52 nama atlet tersebut pun sesuai dengan permintaan dari Dispora DKI Jakarta yang meminta usulan 25 nama atlet pelajar agar dapat diseleksi.

Namun, Perbasi DKI Jakarta mengirimkan sekitar 52 nama atlet putri untuk diseleksi pada Sabtu-Minggu ini. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada atlet pelajar DKI Jakarta mengikuti seleksi Pra POPNAS.

"Kenapa 52 nama? Karena dari hasil database Perbasi DKI Jakarta yang dimiliki saat ini, 52 nama ini terlihat mumpuni dari statistik, pengalaman bertanding, ataupun pengalaman dalam mengikuti beberapa kompetisi dan kejuaraan," terang Wendi.

"Jika kami mengirimkan 25 nama, kelihatannya akan banyak nama yang tidak mendapatkan kesempatan. Sehingga kami kirim 52 nama. Alhamdulillah dari Dispora dan tim seleksi menerima dengan baik 52 nama itu untuk diseleksi. Kemudian dari 52 nama itu, nantinya hasil seleksi mau menjadi 25, 20, atau 12 nama, kami serahkan kepada tim seleksi," tutupnya.

Breaking News Basket Perbasi Perbasi DKI Jakarta
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan