Persib Bandung dan Bobotoh Dijatuhi Hukuman, Tim Pencari Fakta PSSI Angkat Suara

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 03 Oktober 2018
Persib Bandung dan Bobotoh Dijatuhi Hukuman, Tim Pencari Fakta PSSI Angkat Suara
Gusti Randa (tengah) jelaskan pekerjaan Tim Pencari Fakta. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Tim Pencari Fakta (TPF) PSSI angkat bicara menyusul keluarnya hukuman dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI untuk Persib Bandung dan suporternya Bobotoh. Hukuman untuk Persib dikeluarkan Komdis setelah menerima data dan informasi dari TPF PSSI.

Hal ini seperti disampaikan Ketua TPF, Gusti Randa sehari setelah Komdis PSSI mengeluarkan keputusan lewat sidang 1 Oktober.

Oleh Komdis, Persib dihukum menjalani pertandingan kandang di luar pulau Jawa tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi musim 2018. Setelah itu, Persib masih tak diperbolehkan menggelar partai kandang di Bandung dengan penonton selama setengah musim 2019.

Panpel Persib Bandung juga tak lepas dari hukuman. Ketua Panpelnya dan security officer dihukum larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama dua tahun serta denda 100 juta. Panpel Persib juga diwajibkan memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun.

Adapun suporternya tak diperbolehkan menyaksikan pertandingan saat kandang dan tandang sampai setengah musim 2019.

"Pertama, saya tegaskan bahwa TPF yang telah ditugaskan oleh federasi dan Ketum PSSI Edy Rahmayadi, sudah selesaikan tugas. Durasi memang cepat, lima hari kerja yang terhitung dari mulai Jumat pekan lalu dan berakhir Senin. Karena TPF berkejaran dengan waktu mengingat PSSI sendiri istirahatkan kompetisi kurang dua minggu."

"TPF bekerja dengan cepat agar produk bisa segera dikirimkan ke Komdis dan ke federasi. Produk dari TPF yang diberikan ke Komdis, bukan satu-satunya informasi di mana Komdis ambil keputusan, karena Komdis reguler ambil dari berbagai macam sumber. TPF hanya memperkaya dan memberi informasi ke Komdis agar tepat, tegas," sambung Gusti Randa.

Gusti Randa menambahkan bahwa dalam pengumpulan informasi, TPF PSSI yang terdiri dari sembilan orang di antaranya perwakilan operator, kesekjenan, Komite Keamanan, dan anggota Komite Eksekutif yang punya klub Pieter Tanuri, juga menemui semua elemen yaitu Persib Bandung, yang terdiri dari Panpel, Manajemen, dan suporternya Bobotoh. Selain itu pihak kepolisian dalam hal ini Polrestabes Bandung.

"Kami juga temui klub Persija. Hasilnya seperti saya sampaikan, diberikan ke Komdis. Ke Federasi juga ada rekomendasinya," sambung Gusti Randa.

Breaking News PSSI Persib Bandung Komite Disiplin PSSI Komdis pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan