Persib Pantas Wakili Indonesia di Piala AFC 2021

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 04 Desember 2020
Persib Pantas Wakili Indonesia di Piala AFC 2021
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts sebut AFC Club Licensing Cycle 2020 sangat penting bagi timnya. Ini menunjukan bahwa tim berjulukan Maung Bandung ini benar-benar klub profesional.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Baca Juga:

Piala AFC 2021 dengan Format Baru, Siapa Wakil Indonesia?

Teco Bicara Peluang Bali United Wakili Indonesia Lagi di Piala AFC 2021

"Ya saya pikir itu sangat penting bagi Persib bisa mendapat lisensi AFC dan saya tidak pernah ragu soal itu. Mengetahui profesionalisme yang diperlihatkan klub dan orang-orang yang bekerja di klub. Jadi bagi saya memang sudah selayaknya Persib mendapat lisensi itu," ujar Robert saat dihubungi.

Namun demikian, pelatih asal Belanda ini belum mengetahui tim mana yang akan menjadi wakil Indonesia untuk bisa tampil di Piala AFC 2021 mendatang. Sebab sejauh ini Liga 1 2020 tengah ditunda akibat pandemi COVID-19.

"Saya tidak memaksakannya, tapi saya harap Persib," katanya.

Pelatih berusia 65 tahun ini memiliki alasan kuat menjadikan Persib sebagai tim yang layak sebagai perwakilan Indonesia di Piala AFC 2021. Terbukti, saat ini Persib merupakan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2020 meski baru tiga pertandingan dijalani.

"Berdasarkan situasi sekarang, kami adalah pemimpin di klasemen liga dan jangan lupa ini pada prinsipnya adalah liga tahun 2020. Ini sama dengan di Eropa dan negara lain, ketika liga dihentikan, posisi itu dihitung untuk partisipan di kompetisi Eropa," jelasnya.

Dengan alasan itu, Robert menilai Persib menjadi tim yang paling logis untuk bisa tampil di Piala AFC 2021. Terlebih penundaan Liga 1 2020, murni bukan kesalahan dari timnya.

"Kami nomor satu di liga. Kami tidak terkalahkan juga. Jadi itu logis untuk menjadi kandidat mewakili Indonesia, dan bermain di level Asia itu selalu menginspirasi pemain, untuk citra klub, bahkan untuk suporter untuk mengukur standar tim Indonesia, dan mendukung timnya menghadapi tim dari negara lain," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Piala AFC Robert Rene Alberts Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan