BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts terpaksa harus mengubah rencana untuk menghadapi Madura United di lanjutan Liga 1 2020. Pasalnya tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu memilih untuk berkandang di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGRP), Kota Pamekasan, Madura.

Sebelumnya, Madura United memilih Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai kandangnya. Namun keinginan itu tidak bisa tercapai setelah tidak mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

Alasannya karena Sidoarjo masih dalam kategori zona merah COVID-19. Selain itu, akan ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dalam waktu yang nyaris bersamaan.

"Tentu itu mengubah rencana kami juga untuk melakukan perjalanan ke Sidoarjo, dan juga mengubah rencana perjalanan dari Sidoarjo ke Yogyakarta," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (23/9).

Robert Rene Alberts mengaku sekitar tiga pekan lalu memberikan surat kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai jadwal di Liga 1 2020. Dia meminta perubahan jadwal.

"Kami bertanya dengan sangat sopan, untuk memperbaiki jadwalnya. Maksudnya dari Surabaya (Sidoarjo), kami bisa berjalan lebih awal ke Yogyakarta. Karena ada waktu 6 hari (jeda dari laga Madura United ke Barito Putera) dan bagi klub itu adalah perjalanan yang sangat mahal," jelasnya.

Baca Juga:

Komisaris Persib Beberkan Ancaman Hukuman jika Suporter Tetap Memaksa Datang ke Stadion

Motivasi Orang Tua Punya Peran Penting untuk Seorang Pesepak Bola Jadi Profesional

"Kami tidak bisa pulang dulu ke Bandung (usai lawan Madura) karena membutuhkan waktu 15 jam menggunakan bus dan berkendara lagi 10 jam ke Yogyakarta kembali menggunakan bus. Kami meminta, bisakah memainkan laga tandang kedua, dua hari lebih cepat," tambahnya.

Artinya, setelah laga pertama melawan Madura United, Persib bisa langsung menuju Sleman untuk menghadapi laga tandangnya melawan Barito Putera dengan jeda waktu empat hari lamanya. Sehingga waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia.

"Harus dipikirkan, kami memainkan dua laga tandang dan menghabiskan waktu delapan hari di luar Bandung," katanya.

Namun demikian, Robert Rene Alberts merasa permintaan itu tidak bisa dikabulkan. Sehingga jadwal Persib di Liga 1 2020 tidak mengalami perubahan.

"Tapi semuanya diabaikan dan itu menyisakan pertanyaan kenapa tidak bisa membuat jadwal yang lebih baik. Saya sangat kecewa karena tidak ada surat balasan untuk Persib Bandung atas permintaan kami yang ingin memperbaiki jadwal," bebernya.

Dengan jadwal itu, Robert Rene Alberts memastikan Persib akan menjadi tim yang akan meninggalkan markasnya sejak 1 Oktober hingga 11 Oktober mendatang. Setelah itu Maung Bandung bertindak sebagai tuan rumah menjadi Persita Tangerang pada 14 Oktober.

"Yang mana hanya ada waktu satu hari (persiapan) bagi kami setelah bermain di Yogyakarta dan menghabiskan waktu 10 hari di laga tandang, lalu harus bermain lagi di kandang," ujarnya.

"Satu hari perjalanan pulang (dari Yogyakarta) dan satu hari untuk recovery. Itu harus kami terima, tapi dengan tidak adanya upaya dari mereka membenahi jadwal ini, tentu menyisakan pertanyaan, kenapa?," pungkasnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)