Persija Dapat Gunakan SUGBK untuk Liga 1 2018, Asalkan...

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 19 Maret 2018
Persija Dapat Gunakan SUGBK untuk Liga 1 2018, Asalkan...
Persija Jakarta saat menghadapi Tampines Rovers. (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Persija Jakarta saat ini masih menunggu harapan untuk bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) atau Stadion Pakansari, untuk dijadikan markasnya di Liga 1 2018.

Padahal, Persija sudah mengajukan surat ke Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, dan sudah bertemu Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Pasalnya, kedua stadion tersebut digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Sebelumnya, Persija Jakarta mengajukan dua stadion sebagai markasnya di Liga 1 2018, yakni SUGBK dan Stadion Pakansari. Hal itu sudah sesuai regulasi yang diterapkan operator Liga 1 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Di mana, satu klub peserta Liga 1 2018 hanya diperbolehkan mengajukan opsi dua stadion sebagai kandang. Jika tak masuk verifikasi operator dan terganjal izin, maka PT LIB berhak menentukan stadion mana yang menjadi kandang sang klub.
Dalam konteks ini, Persija Jakarta menyiapkan Stadion Sultan Agung di Bantul sebagai opsi terakhir. Namun, Persija kemungkinan tidak bisa menggunakan Stadion Sultan Agung, lantaran sudah ada lima tim yang menggunakan stadion tersebut, yakni Persiba Bantul, PISM Yogyakarta, PSIS Semarang, PS TIRA, dan Protaba.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir menjabarkan syarat yang harus dilakukan Persija, jika ingin menggunakan SUGBK atau Pakansari.

Persija dikoordinasilan dengan PSSI, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertanggung jawab dengan renovasi stadion SUGBK dan Pakansari.

"Penggunaan Stadion Utama GBK memang harus dikoordinasikan dengan PSSI, Kementerian PUPR dan INASGOC," kata Rrick Thohir di Jakarta, Senin (19/3)

"Dewan Olimpiade Asia (OCA) kan telah menetapkan Stadion Utama GBK hanya dipakai untuk pertandingan Atletik dan acara Pembukaan serta Penutupan Asian Games 2018. Apalagi, OCA dengan PSSI, Kementerian PUPR dan INASGOC telah menyepakati keputusan tersebut. Makanya, Persija harus berkoordinasi sebagai persyaratan mutlak penggunaan Stadion Utama GBK."

Erick Thohir menambahkan, pada saat pelaksanaan Asian Games 2018, ditiadakan pertandingan olah raga di Indonesia. Sebab, Asian Games 2018 adalah event olah raga Indonesia secara menyeluruh.

Untuk itu, Persija bisa mengajukan SUGBK sebagai kandangnya di Liga 1 2018 usai Asian Games 2018.

"Selama Asian Games 2018 ditiadakan kegiatan olah raga. Dan, penggunaan Stadion GBK bisa diusulkan setelah Asian Games 2018," tutupnya.

Secara terpisah, mantan Manajer Persija Jakarta, IGK Manila mengatakan, komitmen Erick Thohir tidak perlu diragukan dalam membangun olah raga.

“Tidak perlu diragukan lagi komitmen Erick Thohir dalam membangun olahraga Indonesia. Dan, saya berharap Erick Thohir sebagai Ketua INASGOC bisa menggelar Asian Games 2018 dengan sukses seperti yang diharapkan Pak Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia). Sukses penyelenggaraan, prestasi dan ekonomi," katanya.

Persija jakarta Liga 1 Stadion utama gelora bung karno Stadion Pakansari Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.997

Bagikan