Persija Dorong Kemajuan Industri Sepak Bola Indonesia, Dimulai dari Transfer Pemain

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 06 Februari 2023
Persija Dorong Kemajuan Industri Sepak Bola Indonesia, Dimulai dari Transfer Pemain
Presiden Persija Mohamad Prapanca dan Wakil Presiden Persija Ganesha Putra. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Persija Jakarta mendorong sepak bola Indonesia menuju era industri profesional. Ini dibuktikan Persija dalam proses perekrutan pemain.

Persija mulai mendobrak cara lama klub-klub Tanah Air dalam perekrutan pemain. Dulu klub hanya menunggu kontrak pemain incarannya habis di klub lamanya sebelum merekrutnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Persija secara perlahan mengaplikasikan tagline 'to the next level' yang selalu digaungkannya. Satu di antaranya terkait perekrutan pemain.

Persija mulai berani menebus pemain incarannya yang masih terikat kontrak dengan klub lama. Ada harga yang disepakati di antara Persija, klub pemain incaran, dan pemain itu sendiri.

Hal ini sebetulnya lumrah di sepak bola internasional. Namun, di Indonesia merupakan hal baru.

Syahrian Abimanyu, Dandi Maulana, dan Witan Sulaeman jadi contoh perekrutan Persija melalui mekanisme transfer. Persija melakukan hal tersebut demi mendorong kemajuan industri sepak bola Tanah Air ke depannya.

"Ini adalah awal baik untuk industri sepak bola. Salah satu elemen dalam bisnis sepak bola adalah transfer pemain. Kami sudah memulai itu meski belum skala besar," kata Wakil Presiden Persija, Ganesha Putera, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Witan Sulaeman Sebut Materi Latihan Persija Sama Seperti Klub Eropa

Persita Jamu Persija di Stadion Pakansari

Shin Tae-yong Ultimatum Pemain Persija Gabung TC Timnas Indonesia U-20 Pekan Ini

Karena itu, kata Ganesha, proses perpindahan Rezaldi Hehanussa dari Persija ke Persib Bandung bisa terjadi. Kubu Maung Bandung memang disebut tidak mendatangkan Rezaldi secara gratis karena pemain yang akrab disapa Bule itu masih memiliki kontrak di Persija.

"Pada akhirnya ketika industri sepak bola mengalir, itu ada supply and demand (hukum penawaran dan permintaan,Red). Ini hal simpel dan natural dalam proses industri sepak bola," ujar Ganesha.

Meski demikian, kata Ganesha, memang masih ada hal yang dianggap tabu di sepak bola Indonesia. Yang dimaksud Ganesha adalah nilai kontrak pemain.

"Biasanya ketika kami sign pemain, mereka enggak mau (nilai kontraknya) disebut, jadi tidak kami publikasikan. Kalau memang pemainnya tidak masalah, kami tidak masalah untuk publish angkanya," ujar Ganesha.

Di bursa transfer paruh musim ini, Persija total mendatangkan lima pemain. Yaitu Dandi Maulana, Ahmad Birrul Walidain, Aji Kusuma, Rachmat Nicko.

Persija juga melepas sejumlah pilar lamanya, mulai dari Ricky Cawor, Rangga Widiansyah, Ryuji Utomo dan Hamra Hehanussa. Lalu ada Rezaldi Hehanussa, Taufik Hidayat, Braif Fatari serta Otavio Dutra.

Persija jakarta Ganesha Putra Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan