BolaSkor.com - Persija Jakarta mengajukan tiga syarat soal kelanjutan Liga 1 2020. Tim Macan Kemayoran siap ikut lanjutan Liga 1 2020 jika tiga syarat itu terpenuhi oleh PSSI.

PSSI masih belum memastikan nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Meski begitu, PSSI memberikan isyarat kompetisi akan lanjut dengan protokol tetap (protap) kesehatan Virus Corona (COVID--19). Hal ini disampaikan PSSI ketika berdiskusi dengan stakeholders sepak bola nasional, yakni Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), serta klub Liga 1 dan Liga 2.

Liga 1 direncanakan lanjut pada September atau Oktober 2020. Disusul Liga 2 dalam beberapa minggu kemudian. Liga 1 akan berpusat di Jawa, sementara Liga 2 formatnya menjadi home tournament.

PSSI juga merencanakan untuk menaikkan subsidi. Subsidi klub Liga 1 dari Rp520 juta ke Rp800 juta per termin. Klub Liga 2 dari Rp100 juta ke Rp200 juta per terminnya. Lalu PSSI meminta klub untuk renegosiasi kontrak.

Kompetisi Liga 1 juga direncanakan tanpa degradasi, dan promosi tim dari Liga 2 dikurangi sehingga hanya dua klub yang naik kasta. Liga 2 juga direncanakan tanpa degradasi.

Baca Juga:

Begini Skema Protap Kesehatan untuk Liga 1, Liga 2, Timnas Indonesia yang Dirancang PSSI

Yunus Nusi Sebut PSSI dan Klub Sudah Sepakat soal Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2

Persija awalnya ingin Liga 1 dihentikan dan diganti dengan turnamen atau musim baru. Kini, Persija mulai luluh ingin ikut lanjutan Liga 1 asal PSSI memenuhi tiga syarat.

Pertama, pandemi Virus Corona di Indonesia sudah mereda dengan bukti kurva penyebaran yang sudah melandai. Kedua, meminta kenaikan subsidi. Sementara yang ketiga adalah negosiasi ulang dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) terkait masalah gaji pemain.

"Jawa menjadi opsi karena dapat menggunakan transportasi darat dan agar mengurangi resiko penyebaran COVID-19 dibanding menggunakan pesawat. Tentunya hal ini diimbangi dengan protokol kesehatan yang baik," ujar Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, dikutip dari laman resmi Klub.

"Kami juga meminta subsidi dinaikkan karena praktis sudah tidak ada pendapatan dari sponsor dan tiket. Pemerintah juga harus berperan untuk dapat memberi keringanan biaya stadion, pajak dan biaya pertandingan lainnya."

"PSSI harus dapat memastikan bahwa harus ada renegosiasi dengan pihak APPI. Jika tidak, maka itu akan menyisakan masalah baru dalam kaitannya dengan gaji pemain dan ofisial," tutur Ferry.

Dari tiga syarat yang diajukan Persija, hanya syarat pertama yang agak susah untuk terpenuhi. Pasalnya, curva pasien positif Virus Corona di Indonesia belum melandai. Sedangkan syarat kenaikan subsidi dan renegeosiasi kontak sudah diwancanakan PSSI.