Persija, MU, Bali United Dipastikan Dapat Lisensi AFC dengan Syarat

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 26 Oktober 2017
Persija, MU, Bali United Dipastikan Dapat Lisensi AFC dengan Syarat
Logo Liga 1. (Liputan6.com)

BolaSkor.com - Komite Lisensi PSSI telah memutuskan Arema FC dan Persib Bandung mendapatkan lisensi AFC. Namun, ada 13 tim Liga 1 yang gagal lolos verifikasi dan gagal mendapatkan lisensi AFC. Kepastian itu didapat usai Komite Lisensi menggelar sidang pada Kamis (26/10/17).

Sementara itu, tiga tim Liga 1 lainnya, Persija Jakarta, Madura United FC, dan Bali United FC kabarnya belum mendapat lisensi AFC. Ketiganya bisa saja mendapatkan lisensi AFC jika melengkapi berkas yang belum terpenuhi.

Kabar tersebut nyatanya dibantah oleh Direktur Lisensi PSSI, Tigor Shalomboboy. Tigor menjelaskan, sebetulnya tiga klub tersebut sudah dipastikan mendapat lisensi AFC, dengan catatan harus melengkapi berkas kriteria B yang kurang kepada PSSI hingga paling lambat tiga bulan ke depan. Kriteria B tersebut salah satunya berisi kelengkapan fasilitas infrastruktur untuk penyandang disabilitas.

"Tiga klub itu statusnya dapat lisensi AFC dengan catatan. Mereka harus penuhi berkas kriteria B tersebut dengan batas waktu tiga bulan. Artinya, mereka sudah mengantongi lisensi AFC. Namun, jika mereka tidak menyerahkan berkas kriteria B tepat waktu, lisensi mereka bisa dicabut," kata Tigor saat dihubungi BolaSkor.com.

"Artinya, kelima tim sudah mendapatkan lisensi AFC. Namun, tiga tim tersebut dengan catatan memenuhi berkas kriteria B. Setelah itu, kami akan laporkan ke AFC."

Lisensi AFC sendiri menjadi syarat untuk bermain di Liga Champions Asia dan Piala AFC musim depan. Ada lima aspek penilaian, mulai dari legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Indonesia mendapat jatah dengan mengirimkan juara Liga 1 berhak tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia tahun depan. Sementara posisi runner-up dan peringkat ketiga Liga 1 bermain di Piala AFC.

Persija jakarta Madura United FC Bali United FC Afc Lisensi afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan