Persija Tanpa Kekuatan Terbaik Hadapi Borneo FC, Thomas Doll Kembali Kritik TC Timnas

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 06 Desember 2022
Persija Tanpa Kekuatan Terbaik Hadapi Borneo FC, Thomas Doll Kembali Kritik TC Timnas
Aksi Syahrian Abimanyu saat hadapi Persita. Dia jadi satu dari tiga pemain yang absen malam nanti. (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaik saat menghadapi Borneo FC dalam lanjutan pekan ke-12 Liga 1 2022/2023 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12) malam WIB. Kondisi ini membuat pelatih Persija, Thomas Doll, kembali melempar kritik.

Kritik disampaikan Thomas Doll berkaitan dengan pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia di Bali yang berlangsung sejak 28 November 2022. Ada tiga pemain Persija yang dipanggil ke TC itu, antara lain Muhammad Ferarri, Hansamu Yama Pratana dan Syahrian Abimanyu.

Thomas Doll merasa kondisi tersebut sangat merugikan klub. Pelatih asal Jerman itu merasa aneh dengan program TC jangka panjang yang diterapkan di Timnas Indonesia, terlebih saat kompetisi sedang berjalan.

Kritik Thomas Doll ini dilatarbelakangi kebiasaan tim nasional di negara-negara Eropa yang berlatih hanya satu atau dua pekan sebelum turnamen bergulir. Sebab, para pemain tersebut sudah dimatangkan di klubnya masing-masing lewat kompetisi.

Adapun TC di Bali dilaksanakan sebagai persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2022. Turnamen antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) tersebut berlangsung mulai 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

"Saya pikir ini bukanlah hal yang benar karena semua orang ingin bermain dengan pemain terbaiknya. Suporter pun mempunyai hak untuk menonton tim yang berisikan pemain-pemain terbaiknya," kata Thomas Doll.

Baca Juga:

Liga 1 Dilanjutkan, Persija Jakarta Diminta Pertahankan Hasil Impresif

Termasuk Osvaldo Haay, Tiga Penggawa Persija Mulai Pulih Jelang Lanjutan Liga 1

Persib Usulkan Lawan Persija Disaksikan Penonton

"Jadi, kondisi ini merupakan hal yang aneh karena mereka sekarang sedang melakukan latihan bersama Timnas di saat liga sedang berjalan. Kondisi ini pun bukan hal yang bagus untuk para pemain. Ini pertama kalinya di hidup saya terjadi dan ditambah para pemain tersebut berlatih bukan di FIFA Matchday," ia menambahkan.

Karena kondisi seperti itu, Thomas Doll mengaku tidak bisa menurunkan tim terbaiknya. Hansamu dan Ferarri selama ini jadi pilar lini belakang Persija, sedangkan Syahrian Abimanyu merupakan jenderal lapangan tengah Macan Kemayoran yang tak tergantikan.

Syahrian Abimanyu selalu bermain dalam 10 laga yang sudah dijalani Macan Kemayoran. Sedangkan Hansamu dan Ferarri sama-sama tampil dalam delapan pertandingan.

Situasi ini jelas merugikan Persija, apalagi dua pemain yang absen merupakan pilar lini belakang. Di lain sisi, Borneo FC, lawan yang dihadapi Persija malam nanti merupakan tim paling produktif sejauh ini dengan koleksi 26 gol dari 11 laga. Sebuah tantangan berat untuk Ondrej Kudela dan kawan-kawan mempertahankan status sebagai tim dengan pertahanan terbaik karena baru kebobolan lima kali dari 10 pertandingan.

"Sekarang kami harus bisa menyusun tim terbaik dengan pemain yang ada. Selain itu, banyak hal yang tidak benar (dalam pemanggilan Timnas)," ujar Thomas Doll.

Persija jakarta Thomas Doll Timnas Indonesia Tc timnas Hansamu Yama Pranata Muhammad Ferarri Syahrian Abimanyu Borneo FC Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan