BolaSkor.com - Persipura Jayapura mengganti fokus menyusul ketidakjelasan fase grup Piala AFC 2021 zona Asia. Skuat Mutiara Hitam kini menatap Liga 1 2021 lebih dahulu.

Persipura semua dijadwalkan melakoni fase grup mulai 29 Juni. Namun urung menyusul keputusan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) mundur sebagai tuan rumah Grup H dan I.

AFC belum menetapkan venue pengganti dan memastikan jadwal Piala AFC 2021 Grup H dan I. AFC sejauh ini juga belum menetapkan venue Grup G, yang diisi wakil Indonesia lainnya, Bali United.

"Hampir dipastikan tanggal 29 Piala AFC tidak bisa jalan. Jadi biar anak-anak fresh seandainya Piala AFC ditunda. Mungkin kita akan alihkan fokus ke pertandingan di liga," kata Jacksen F. Tiago di channel Youtube Persipura.

Baca Juga:

Riko Simanjuntak Gambarkan Sosok Angelo Alessio

PSS Sleman Tak Masalah jika Kick Off Liga 1 2021 Dimajukan

Ketidakjelasan Piala AFC 2021 juga yang membuat Jacksen mengambil keputusan untuk memberi kesempatan para pemain asal Papua, termasuk yang berdomisili di luar Jawa kecuali legiun asing, untuk pulang ke kampung usai pemusatan latihan di Kota Batu. Bagi Jacksen, ini penting untuk psikologis.

Apalagi, para pemain akan menjalani pertandingan liga secara penuh di pulau Jawa. Kompetisi kasta tertinggi dimulai seri pertama yang digelar di klaster 1 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Kami meliburkan anak-anak kembali ke Jayapura. Karena kami juga harus memberi perhatian ke aspek psikologis. Sehingga ada diskusi antara staf pelatih kemudian usul ke manajemen bagaimana meliburkan anak-anak mulai Rabu. Senin balik lagi."

"Jadi ini waktu yang tepat memberi waktu empat hari ke pemain untuk kumpul keluarga. Karena akan cukup lama tidak bertemu keluarga. DI kompetisi nanti bermain di wilayah lain. Kami akan tampil di Bandung, kemudian main di Bekasi."