Persipura Jayapura Terancam Sanksi Denda hingga Pengurangan Poin

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 23 Februari 2022
Persipura Jayapura Terancam Sanksi Denda hingga Pengurangan Poin
Skuat Persipura saat menghadapi Persebaya. (LIB)

BolaSkor.com - Persipura Jayapura terancam sanksi berat karena tidak menghadiri laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 melawan Madura United, Senin (21/2). Laga tersebut sedianya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Madura United dan perangkat pertandingan sudah hadir dan siap untuk melakukan kick off. Namun, sampai wasit akan memulai kick off hanya Madura United yang berada di lapangan.

Dengan demikian, Persipura saat ini terancam sanksi denda ratusan juta, dinyatakan kalah 0-3, dan pengurangan 9 poin.

Hal itu diatur dalam pasal 58 Kode Disiplin PSSI. Persipura bisa dikenakan pasal yang mengatur soal "tim yang tidak hadir di tempat pertandingan dan menolak untuk bertanding."

"Apabila pertandingan tidak dapat dilaksanakan karena tim yang bersangkutan tidak hadir di tempat pertandingan meskipun sudah dijadwalkan dan diberitahukan sebelumnya secara patut tanpa alasan yang sah, dianggap menolak untuk bertanding dan tim atau klub yang bertanggung jawab dikenakan sanksi dinyatakan kalah 0-3 dengan pengurangan poin (forfeit) dan denda sekurang-kurangnya sebesar Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah)," bunyi ayat 1 pada pasal 58.

"Dalam hal pelanggaran dilakukan oleh klub partisipan Liga 1 atau Liga 2, maka klub bersangkutan dikenakan sanksi dinyatakan kalah (forfeit) dengan pengurangan 9 (sembilan) poin dan denda sekurang-kurangnya sebesar Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah)." tegas ayat 2 pada pasal 58.

Baca Juga:

Persipura Vs Madura United Batal Digelar, PT LIB Serahkan ke Komdis PSSI

Hasil Liga 1: Persib Bandung Tekuk PSM Makassar 2-0

Selain itu, dalam pasal 58 ayat 3 disebutkan bahwa petinggi Persipura bisa dikenai sanksi larangan beraktivitas di lingkungan sepak bola selama minimal dua tahun.

"Pemain atau ofisial tim yang menganjurkan dan/atau menyuruh melakukan tindakan yang melanggar ketentuan Pasal 58 ayat (1) Kode Disiplin PSSI diberikan sanksi larangan melakukan aktivitas yang terbaik dengan sepak bola sekurang-kurangnya 24 bulan dan sanksi denda sekurang-kurangnya Rp100 juta." bunyi pasal tersebut.

Terkait permasalahan ini, Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, mengatakan timnya tidak menghadiri laga melawan Madura United karena ada beberapa pemain dan ofisial yang terpapar COVID-19. Pihaknya pun sudah mengirimkan surat kepada PSSI untuk menunda laga tersebut.

PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 musim ini mengakui bahwa ada pemain dan ofisial Persipura yang terpapar COVID-19. Namun, jumlah pemain yang negatif mencapai 21 orang sehingga tidak ada alasan untuk menunda laga Persipura Vs Madura United.

"Maka setelah mendapatkan laporan dari match comm, kami melaporkan semua ke PSSI dan menyerahkan status pertandingan Persipura kontra Madura United kepada Komisi Disiplin PSSI. Kami melakukan semua sesuai dengan regulasi," ujar Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Pssi Persipura jayapura Madura united PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 COVID-19 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan