Pertahanan Manchester United Keropos, Harry Maguire Salahkan David De Gea

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 22 September 2022
Pertahanan Manchester United Keropos, Harry Maguire Salahkan David De Gea
David De Gea dan Harry Maguire (Twitter)

BolaSkor.com - Harry Maguire tidak terima dianggap menjadi penyebab rapuhnya pertahanan Manchester United musim lalu. Bek Timnas Inggris itu justru melimpahkan semua kesalahan kepada David De Gea.

Musim 2021-2022 berubah jadi mimpi buruk bagi Manchester United. Sempat digadang-gadang sebagai kandidat juara Premier League, Setan Merah justru mengakhiri musim di peringkat keenam.

Performa buruk tersebut membuat Ole Gunnar Solskjaer lengser dari kursi manajer. Sementara hadirnya Ralf Rangnick sebagai caretaker tak banyak berpengaruh.

Baca Juga:

Harry Maguire Masih Punya Masa Depan di Manchester United

Manchester United Tanpa Harry Maguire: Tiga Menang dan Dua Clean Sheet

Peringatan Erik ten Hag untuk Harry Maguire

Rapuhnya lini pertahanan dianggap sebagai masalah utama Manchester United musim lalu. Kebobolan hingga 57 gol dari 38 laga menjadi bukti nyatanya.

Maguire kemudian dianggap sebagai titik lemah di pertahanan Manchester United. Pemain berusia 29 tahun itu memang kerap melakukan blunder yang berujung kebobolan.

Tak heran jika Maguire menjadi sasaran kritik. Ia dianggap tak layak bermain dan mengenakan kapten Manchester United.

Maguire memang tak merespons kritikan tersebut secara frontal. Namun sebuah pengakuan dari orang dekatnya baru saja dibocorkan oleh ESPN.

Menurut sumber yang identitasnya dirahasiakan, Maguire justru menunjuk De Gea sebagai penyebab utama banyaknya gol yang bersarang di gawang Manchester United musim lalu. Gaya bermain kiper berkebangsaan Spanyol itu disebut tidak membuatnya nyaman.

"Harry Maguire frustrasi terhadap komunikasi dengan David de Gea dan keengganan (sang kiper) untuk keluar lebih jauh dari garis gawang. Itu adalah faktor dalam keseluruhan penyakit pertahanan musim lalu," kata orang dekat Maguire.

"Harry tidak memiliki 12 bulan yang baik, tetapi dia tidak dibantu oleh orang-orang di sekitarnya seperti pelatih dan pemain lain. Jadi tidak dapat dielakkan bahwa kepercayaan diri dan penampilannya telah menurun."

Alasan tersebut cukup beralasan. Performa De Gea memang tidak bisa dikatakan bagus sepanjang musim lalu.

De Gea memang masih rutin melakukan penyelamatan gemilang. Namun tak jarang ia justru kebobolan dengan mudah.

Gaya bermain De Gea juga dianggap sudah kuno. Kebanyakan pelatih kini ingin penjaga gawang berperan aktif dalam memulai serangan dengan memainkan peran sweeper keeper.

Maguire belum memberikan klarifikasi terkait klaim orang dekatnya tersebut. Yang jelas pernyataan tersebut dapat memanaskan lagi ruang ganti Manchester United yang mulai kondusif di bawah asuhan Erik ten Hag.

Ten Hag sendiri kini lebih sering memarkir Maguire di bangku cadangan. Juru taktik berkebangsaan Belanda itu lebih suka menduetkan Raphael Varane dan Lisandro Martinez untuk melindungi gawang De Gea.

Manchester United Harry Maguire David De Gea Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan