BolaSkor.com - Timnas Putri Vietnam mulai dipersiapkan untuk agenda di 2021. Termasuk SEA Games 2021, yang akan digelar di negeri sendiri.

Sebanyak 31 pemain dipanggil dan mulai melakukan persiapan sejak 3 Januari. Di antaranya merupakan pemain dari Timnas U-19, mengingat pemusatan latihan juga difokuskan untuk peremajaan skuat.

"Tujuan pemusatan latihan, selain peremajaan skuat, juga agar atlet muda seperti Chau Thi Vang, Nguyen Thi Hoa atau beberapa atlet muda bisa ikut berlatih dan membiasakan gaya permainan secara bertahap," kata pelatih Timnas Putri Vietnam, Mai Duc Chung.

Baca Juga:

Andik Rendika Rama Kaget Dipanggil ke Timnas Proyeksi SEA Games

VFF Tak Masalah Piala AFF Jadi Dekat dengan SEA Games 2021

Pemusatan latihan akan fokus pada taktik dan kekuatan fisik selama tiga minggu. Pada minggu terakhir Januari rencananya melakoni pertandingan persahabatan.

"Jika pandemi COVID-19 tak semakin parah, timnas putri akan berkumpul lagi beberapa kali dan berharap bisa dilatih di luar negeri sebagai persiapan Piala AFF, kualifikasi Piala Asia, SEA Games akhir tahun."

Mempertahankan pencapaian di SEA Games 2019 menjadi ambisi. Apalagi Kementerian Olahraga Vietnam sudah menegaskan bahwa sepak bola dan atletik menjadi tonggak utama prestasi Vietnam di SEA Games 2021.

"Untuk mengemban tugas penting menjaga medali emas di SEA Games, sepak bola putri membutuhkan waktu persiapan. Oleh karena itu, sejak awal tahun, timnas putri fokus pada penguatan kekuatan dan pembinaan pemain muda untuk skuat final di akhir tahun," tambah sang pelatih.

Sementara itu pesaing Vietnam di sepak bola putri, yakni Timnas Putri Thailand menunda pemusatan latihan. Semula Timnas Putri Thailand berkumpul 4-10 Januari.