Pertama Sejak 2013, Final Liga Champions Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 Mei 2019
Pertama Sejak 2013, Final Liga Champions Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (@Goal)

BolaSkor.com - Liverpool kembali menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola Eropa. Menjamu Barcelona di leg dua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (8/5) dini hari WIB, The Reds menang telak 4-0.

Kemenangan itu sungguh tidak terduga karena Barcelona bukan 'tim baru' di Liga Champions dan sebelumnya, Liverpool tertinggal agregat gol 0-3 dari leg satu di Camp Nou. Namun, berkat determinasi pemain Liverpool dan dukungan 'pemain ke-12' mereka bisa menghadirkan kejutan di Anfield.

Liverpool menang melalui dua gol Divock Origi (7' dan 79') dan Georginio Wijnaldum (54' dan 56'). Satu gol tercipta cepat di awal babak pertama memunculkan asa untuk melakukan comeback dan tiga berikutnya terjadi di babak kedua.

Barcelona kalah hampir di seluruh aspek meski memiliki megabintang, Lionel Messi, yang mati kutu di Anfield dan tak kuasa menembus ketatnya pertahanan rapat tuan rumah. Tujuh tendangan tepat sasaran Liverpool berbuah empat gol, sementara lima peluang Barca gagal menjadi gol.

Baca Juga:

Banyak yang Ingin Cristiano Ronaldo Gagal di Juventus

Respons Fabinho Usai Bikin Lionel Messi Mati Kutu

Liverpool 4-0 Barcelona: Comeback Dramatis, Lionel Messi dkk Tak Berkutik di Anfield

Lionel Messi

Liverpool melaju ke final untuk kedua kali beruntun setelah musim lalu ke final dan kalah oleh Real Madrid. Kali ini, Merseyside Merah akan menanti pemenang laga antara Tottenham Hotspur kontra Ajax Amsterdam.

Keberhasilan Liverpool lolos ke final Liga Champions memunculkan fakta menarik. Selain mengakhiri dominasi sepak bola Spanyol yang beberapa tahun belakangan ini mendominasi Eropa, tidak ada lagi nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di final.

Kali pertama dalam waktu enam tahun, tidak ada nama Ronaldo atau Messi di final Liga Champions. Pada 2013 silam, final Liga Champions mempertemukan dua tim Bundesliga, Borussia Dortmund dan Bayern Munchen di Wembley.

Uniknya, Jurgen Klopp kala itu melatih Dortmund yang kemudian menelan kekalahan 1-2 di final oleh Bayern-nya Jupp Heynckes. Dua gol Mario Mandzukic dan Arjen Robben dibalas oleh gol hiburan yang dicetak Ilkay Gundogan.

Apakah mungkin tidak adanya Ronaldo atau Messi di final menjadi akhir era bagi keduanya? Bisa jadi demikian. Terlebih, pemenang Ballon d'Or 2018 dimenangi oleh Luka Modric dan mengakhiri dominasi keduanya selama beberapa tahun terakhir.

Cristiano Ronaldo

Ronaldo telah berusia 34 tahun dan Messi berumur 31 tahun. Selagi pecinta sepak bola Eropa masih bisa menikmati momen-momen terbaik mereka, maka mereka memang harus menikmatinya karena karier kedua 'alien' itu tidak akan berlangsung selamanya.

Breaking News Cristiano Ronaldo Lionel Messi Barcelona Juventus Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan