Pertama Selama 36 Tahun, Timnas Kanada Lolos Kualifikasi Piala Dunia

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 Maret 2022
Pertama Selama 36 Tahun, Timnas Kanada Lolos Kualifikasi Piala Dunia
Timnas Kanada (@CanadaSoccerEN)

BolaSkor.com - Cukup banyak kejutan terjadi di sepanjang jeda internasional Maret ini. Tidak hanya timnas Italia yang gagal melaju ke Piala Dunia 2022 setelah kalah di semifinal play-off melawan Makedonia Utara, Kanada juga mengakhiri penantian panjang.

Tim berjuluk Les Rouges berhasil mengakhiri penantian panjang bermain di Piala Dunia melalui kemenangan 4-0 atas Jamaika, Senin (28/03), di BMO Field. Hasil itu memastikan Kanada finish di antara tiga besar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf.

Kanada menempati urutan pertama dari 13 laga dengan 28 poin. Empat gol di pertandingan melawan Jamaika lahir dari Cyle Larin (13'), Tajon Buchanan (44'), Junior Hoilett (82'), dan gol bunuh diri Adrian Mariappa (88').

Kanada pun mengakhiri penantian selama 36 tahun untuk tampil di Piala Dunia. Penampilan terakhir Kanada terjadi pada Piala Dunia 1986 di Meksiko dan kala itu mereka finish di dasar klasemen grup tanpa mencetak gol. Di tahun itu juga almarhum Diego Maradona mengangkat titel Piala Dunia dengan timnas Argentina.

Seisi stadion BMO Field pecah saat peluit pertandingan tanda akhir laga dibunyikan. Penantian panjang berakhir dan pelatih Kanada, John Herdman, senang dengan sambutan masyarakat Kanada yang sebelumnya tak percaya timnas mereka bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga:

Timnas Italia: Juara Piala Eropa, Merana di Piala Dunia

Pertaruhan Luis Enrique di Piala Dunia 2022

Benarkah Lionel Messi Pensiun dari Timnas Usai Piala Dunia 2022?

"Kami baru saja lolos ke Piala Dunia, ini adalah negara sepak bola yang sah," kata Herdman sebagaimana dilansir dari BBC Sport.

"Ketika saya pertama kali mengambil alih dan saya berkata, 'Kami akan lolos ke Piala Dunia', saya tidak berpikir mereka mempercayai kami. Saya senang untuk mereka karena semua penggemar ini telah menunggu dan menunggu, dan bersatu dengan kami - dan kami akan pergi."

"Saya pikir negara ini tidak pernah percaya pada kami karena kami tidak memberi mereka apapun untuk dipercaya. Mereka percaya sekarang."

"Inilah saatnya bagi semua orang untuk mendukung sepak bola dan bersatu karena kami bisa menjadi tim kuat," yakin Herdman.

Sisa dua tempat perwakilan Concacaf di Piala Dunia 2022 Qatar kini diperebutkan oleh Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika, dan Panama. Dua tempat tersisa untuk lolos otomatis ke fase grup, sementara nanti peringkat empat akan melalui fase play-off melawan perwakilan Oseania.

Breaking News Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kanada
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan