BolaSkor.com - Ketika persaingan di papan atas Premier League tidak terlalu seru lagi disaksikan, pertarungan di papan bawah untuk keluar dari zona degradasi justru berlangsung sangat seru. Di papan atas klasemen, hanya sepak terjang Chelsea yang dinanti untuk menjaga asa masuk empat besar alias zona Liga Champions, karena mereka terpaut lima poin dari Tottenham Hotspur yang ada di peringkat empat klasemen.

Tottenham baru menelan kekalahan di pekan 37 Premier League dari West Bromwich Albion (WBA). Memainkan satu laga lebih banyak dari Chelsea, posisi mereka masih sangat dirawan digeser The Blues. Sementara itu bagi West Brom, kemenangan 1-0 atas Tottenham via gol tunggal Jake Livermore, menjaga kans mereka untuk bertahan di Premier League.

Darren Moore, caretaker West Brom, menjalankan tugasnya dengan baik dalam urusan memotivasi para pemainnya. West Brom terus memperlihatkan determinasi dan semangat pantang menyerah mereka. Usai menang 1-0 kontra Manchester United, mereka menahan imbang Liverpool dengan skor 2-2, menang 1-0 atas Newcastle United, dan meraih kemenangan kontra Tottenham.

West Brom masih ada di peringkat 19 klasemen. Tapi, mereka masih punya asa bertahan karena hanya berjarak dua poin dari Southampton, yang ada di zona aman, peringkat 17 klasemen. Harapan mereka memang tipis, karena Southampton dan Swansea City memainkan satu laga lebih sedikit. Akan tetapi, selama harapan itu masih ada, plus melihat perjuangan West Brom, mereka layak selamat dari degradasi - jika sukses melakukannya. Di laga terakhirnya, West Brom akan bermain melawan Crystal Palace.

Empat tim masih bertarung untuk mengamankan diri dari zona degradasi. Selain West Brom, ada Swansea (33 poin), Southampton (33 poin), dan Huddersfield Town (35 poin). Dibanding mereka, nasib nahas justru dialami Stoke City.

Diperkuat pemain seperti Xherdan Shaqiri, Jese Rodriguez, Ibrahim Affelay, Bruno Martins Indi, Jack Butland, Ryan Shawcross, tidak ada yang menyangka Stoke degradasi setelah 10 tahun bertahan di Premier League. Pada pekan 37 Premier League, Stoke kalah 1-2 dari Crystal Palace, yang justru sukses mengamankan tempat mereka di Premier League untuk musim depan.

Seiring kepastian tersebut, bisa jadi di musim panas mendatang beberapa pemain berkualitas Stoke, dengan status pemain timnas, meninggalkan klub dan mengawali eksodus. Pemain seperti Xhaqiri jelas akan ditampung oleh banyak klub Eropa lainnya.

Berikut laga-laga terakhir empat tim yang bertarung menjauh dari zona degradasi:

Huddersfield Town: Manchester City, Chelsea, Arsenal
Southampton: Swansea City, Manchester City
Swansea City: Southampton, Stoke City
West Bromwich Albion: Crystal Palace