Pertemuan Indonesia dengan Timor Leste Kerap Diwarnai Keributan, Dua Pelatih Timnas U-19 Angkat Bicara

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 05 November 2019
Pertemuan Indonesia dengan Timor Leste Kerap Diwarnai Keributan, Dua Pelatih Timnas U-19 Angkat Bicara
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini bersama arsitek timnas di Grup K. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Pertemuan antara Timnas Indonesia dengan Timor Leste dalam beberapa waktu belakangan selalu diwarnai tensi tinggi. Pelanggaran keras, terutama yang dilakukan kubu Timor Leste kerap terjadi.

Tensi tinggi juga berpotensi terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 Grup K. Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Rabu (6/11).

Kemungkinan ini juga berkaca pada pertemuan Timnas Indonesia U-19 dengan Timor Leste di penyisihan grup Piala AFF U-18 2019. Di ujung laga atau saat Indonesia memimpin 4-0, pelanggaran keras sampai dilakukan pemain Timor Leste.

Baca Juga:

Respons Fakhri Husaini soal Rencana Boikot Laga Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19

Timor Leste Akui Timnas Indonesia U-19 Lawan Kuat di Kualifikasi Piala Asia U-19

Keributan terjadi setelah Mochamad Supriadi dilanggar hingga terjatuh. Salvador da Silva yang melakukan pelanggaran kemudian dengan sengaja menginjak Supriadi.

Sikap tak terpuji Salvador membuat saling dorong terjadi. Para ofisial, termasuk pelatih sampai masuk ke dalam lapangan untuk melerai.

"Sepak bola harus dalam tempo tinggi, tapi harus dalam batasan sportivitas. Wajar, karena mereka masih muda. Tugas kami sebagai pelatih memberikan arahan, bermain dengan tempo tinggi tapi dalam batasan respek dan sportivitas," kata Fakhri Husaini.

Sementara itu, asisten pelatih Timnas Timor Leste U-19, Eduardo Pereira, juga menganggap wajar. Sebagai pelatih, ia akan berusaha membuat anak asuh menjaga nilai fairplay.

"Anak-anak saya kira emosional, karena masih muda. Saya akan berusaha mengarahkan agar bermain dengan nilai fairplay, apapun hasilnya. Sepak bola yang terpenting adalah fairplay."

Timor leste Timnas Indonesia U-19 Piala Asia U-19 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan