BolaSkor.com - Legenda Juventus dan Italia, Alessandro Del Piero, mengatakan bahwa berkarier di Italia terutama bagi pemain Indonesia tidaklah mudah. Hal ini seperti disampaikan ketika mengunjungi Indonesia.

Del Piero tiba di Indonesia, Kamis (17/5). Kehadirannya di Indonesia untuk menjalani sejumlah agenda di Medan, diantaranya meet and greet, coaching clinic, dan pengumpulan dana untuk Sinabung.

"Tentu tidak gampang bermain bola di level Radja Nainggolan atau Serie A. Untuk capai level itu membutuhkan kombinasi, talenta, kekuatan mental, fisik, dan gairah," kata Alessandro Del Piero dalam jumpa pers, Kamis (17/5).

Pemain Indonesia juga harus sudah memiliki bekal sejak usia dini. "Penting program sejak usia muda karena seseorang pesepak bola akan belajar banyak."

"Selain itu harus memiliki staf pelatih dan program yang bagus. Pemain juga harus tahu main di mana dan sistemnya seperti apa. Untuk hasil yang bagus, banyak yang harus dilakukan," jelasnya.

Sementara untuk keseluruhan sepak bola Indonesia, pemain yang juga sempat berkarier di Australia dan India menekankan pentingnya kolaborasi dengan pihak asing.

"Perlu mengetahui apa yang harus ditingkatkan. Harus tahu bagaimana pemain Indonesia, apa kekurangan dan dari pengalaman penting kolaborasi orang lokal dan asing untuk mengimprovisasi sepak bola Indonesia."

"Akan ada dua dampaknya. Sepak bola Indonesia mengalami improvisasi dan secara internasional sepak bola Indonesia akan diketahui orang," tambahnya.

Menurutnya, kolaborasi itu dilihatnya dilakukan di Australia dan India. "Menjelang karier, saya bermain di Australia dan India. Di dua negara itu memulai program antara pihak asing dan lokal."

"Ketika dua tahun di Australia, mereka mengalami sukses baik sebagai tim dan pemain. Di India, federasi memulai dengan ISL (Indian Super League). Tim mengalami improvisasi, pun dengan pemain sehingga bakat mudah ditemukan."