Pesan Ketum PSSI untuk Timnas Indonesia U-19 saat Jalani TC ke Kroasia, Jangan Pikirkan Isu Naturalisasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 29 Agustus 2020
Pesan Ketum PSSI untuk Timnas Indonesia U-19 saat Jalani TC ke Kroasia, Jangan Pikirkan Isu Naturalisasi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan pesan atau wejangan kepada pemain Timnas Indonesia U-19/U-20 yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Pesannya sekaligus menegaskan bahwa PSSI tidak ada hubungan dengan isu naturalisasi lima pemain muda Brasil yang tersebar di klub Liga 1 2020.

Sebelumnya, ada lima pemain muda Brasil yang tersebar di klub Arema FC, Madura United, dan Persija Jakarta. Kelimanya adalah Lima pemain yang dimaksud adalah Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima (Persija Jakarta), Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme (Arema FC), dan Robert Junior Rodrigues Santos (Madura United).

Arema FC dan Madura United mengakui pemain muda Brasil tersebut merupakan proyek naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Namun, kabar itu langsung dibantah oleh PSSI melalui Direktur Teknik, Indra Sjafri.

Baca Juga:

Dua Pemain Dicoret karena Telat Latihan, TC Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia Diikuti 28 Penggawa

Shin Tae-yong Masih Tunggu Kepastian Elkan Baggott untuk Ikut TC Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia

Mochamad Iriawan juga menegaskan bantahan PSSI menaturalisasi lima pemain muda Brasil tersebut. Ia menegaskan buktinya 28 pemain Timnas Indonesia U-19 yang menjalani TC ke Kroasia adalah anak-anak bangsa.

"Saya pernah mendengar kemarin isu naturalisasi. Itu punya klub, kemarin Indra Sjafri (Direktur Teknik PSSI) menyampaikan itu murni dari klub. Sekarang yang berangkat ke Kroasia kalian semua. Fokus saja konsentrasi, jadi itu pesan saya kepada kalian semua," kata tegas Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, pada acara pelepasan Timnas Indonesia U-19 di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (29/8).

"Negara memberikan kesempatan bagi siapa saja yang bersedia membela Garuda (Timnas Indonesia), dan mengharumkan Merah-Putih di tingkat dunia. Salah satunya kalian yang akan berangkat sekarang dari Tanah Air Indonesia. Tunjukkan kalian semua bisa bersaing dengan siapa saja."

"Dari hasil laporan (Manajer Pelatih Timnas Indonesia) Shin Tae-yong ke saya bahwa performa kalian meningkat, saya senang mendengar itu. Tapi tadi ada 2 orang dipulangkan. Ini profesionalitas dan murni tidak pandang bulu. Mental kalian bagus, fisik kalian meningkat, kemudian strategi. Lakukan terus sebulan di Kroasia nanti. Ingat sekali lagi, saya katakan bahwa Garuda ada di dada kalian. Ini lambang Garuda ini lebih besar dari nama di punggung kalian," tambahnya.

Mochamad Iriawan
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan bersama manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)



Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam WIB. 28 pemain diboyong dalam TC kali ini. Dua pemain dicoret karena indisipliner, yakni Serdi Hepipano (Bhayangkara FC) dan Ahmad Afhridzal (Vamos Indonesia).

Skuat Garuda Muda akan berada satu bulan di sana. TC ini sebagai persiapan menyambut Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan mengikuti turnamen melawan Kroasia, Bulgaria, Arab Saudi, dan Qatar.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Uzbekistan menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada Oktober mendatang. Namun, jika Piala Asia U-19 ditunda, Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan TC ke Portugal, Spanyol, atau Turki.

Reporter: Hadi Febriansyah

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Mochamad Iriawan Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan