BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, turut memberikan tanggapan terkait kasus Ezra Walian yang tidak boleh membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Meski begitu, Imam Nahrawi tidak memberikan tanggapan terlalu banyak, lantaran belum mengetahui duduk perkara yang sebetulnya dari kasus Ezra Walian.

"Ya kami baru tahu juga sehingga kami belum bisa memberikan respons lebih lanjut. Tapi setidaknya ini pelajaran penting (untuk PSSI) agar berikutnya harus disiapkan apa saja prasyarat yang harus dipenuhi," kata Imam Nahrawi.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Digilas Thailand 0-4

Ezra Walian
Ezra Walian. (Instagram Ezra Walian)

Sebelumnya, Ezra Walian tidak dapat membela Timnas Indonesia U-23 dikarenakan masalah administrasi. AFC mempermasalahkan administrasi Ezra karena pernah main di Kualifikasi Piala Eropa U-17 bersama Belanda tahun 2013 lalu.

Saat itu, Ezra bermain selama 40 menit dan turut menyumbang lima gol kemenangan 12-0 Belanda atas San Marino. KNVB juga memberikan rekomendasi yang sama.

FIFA pun tak memberikan lampu hijau terkait Ezra, karena pernah membela timnas Belanda U-17 di kompetisi resmi UEFA. Merujuk Statuta FIFA Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi tidak berhak membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Lalu merujuk Statuta FIFA Pada Artikel 8 Pasal 1(b) disebutkan, Pemain tidak diizinkan untuk bermain untuk asosiasi barunya pada setiap kompetisi yang pernah dia mainkan untuk asosiasi sebelumnya. Apabila pemain tersebut memiliki lebih dari satu kewarganegaraan, atau apabila memperoleh kewarganegaraan baru, atau apabila pemain dapat bermain untuk bermain di berbagai tim dikarenakan kewarganegaraannya, ia boleh. Namun ketika telah berusia lebih dari 21 tahun, dan hanya boleh sekali, meminta untuk mengubah asosiasi dimana ia akan dapat bermain pertandingan internasional untuk negara selain dari kewarganegaraannya apabila ia memenuhi kondisi berikut:

Ia tidak pernah sebelumnya bermain (baik penuh maupun tidak) di kompetisi resmi pada kategori 'A' match untuk asosiasinya saat itu, dan pada saat ia bermain secara penuh maupun tidak di pertandingan internasional pada kompetisi resmi dari asosiasinya saat itu, ia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang ia hendak bela.

Baca Juga: Ezra Walian Tetap Setia Dukung Timnas Indonesia U-23 di Vietnam

Ezra Walian
Penggawa Timnas Indonesia U-23 mencoba menghalau pergerakan striker Thailand, Supachai Chaided. (ThailandNTOfficial)

Ezra Walian tetap setia mendukung Timnas Indonesia U-23 di Vietnam, meski dirinya tak bisa membela Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Ezra berikrar menjadi suporter mendukung Egy Maulana Vikri dkk. hingga Kualifikasi Piala Asia U-23 berakhir.

Sayang, dukungan Ezra Walian tak berbuah manis. Timnas Indonesia U-23 kalah 0-4 dari Thailand, pada laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di My Dinh Stadium, Jumat (22/3) sore WIB. Selanjutnya, Skuat Garuda Muda menghadapi tuan rumah Vietnam dan Brunei Darussalam.